Mengenal Puncak Sri Pada, Gunung Keramat Sri Lanka Dipercaya Lokasi Jejak Kaki Pertama Nabi Adam di Bumi

Selasa, 04 April 2023 - 17:33 WIB
loading...
Mengenal Puncak Sri Pada, Gunung Keramat Sri Lanka Dipercaya Lokasi Jejak Kaki Pertama Nabi Adam di Bumi
Adam’s Peak atau Sri Pada menjadi salah satu gunung tinggi di Sri Lanka. Foto/ampersandtravel.com
A A A
KOLOMBO - Adam’s Peak atau biasa dikenal juga sebagai Sri Pada menjadi salah satu gunung tinggi di Sri Lanka. Tak sekadar tempat biasa, gunung tersebut juga cukup menarik perhatian dengan sederet kisahnya.

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena di puncak Adam’s Peak terdapat jejak kaki yang banyak dipercaya sebagai milik manusia pertama di bumi, yaitu Nabi Adam.

Mengenal Sri Pada atau Adam’s Peak di Sri Lanka


Mengutip Britannica, Selasa (4/4/2023), Adam’s Peak terletak sekitar 18 km (11 mil) di timur laut Ratnapura, ibu kota provinsi Sabaragamuwa, Sri Lanka.

Untuk tingginya sendiri, gunung tersebut diperkirakan mencapai 2.304 meter atau 7.559 kaki.

Salah satu daya tarik dari Adam’s Peak adalah puncaknya yang terdapat sebuah jejak kaki (Sinhala) dengan panjang 170 cm dan lebar 46 cm.

Pada perkembangannya, jejak yang menyerupai cetakan kaki manusia tersebut banyak dipercaya sebagai tempat diturunkannya Nabi Adam ke bumi.

Selain kepercayaan tersebut, jejak kaki itu juga memiliki banyak versi cerita lain yang dihormati berbagai pemeluk agama, termasuk Kristen, Buddha dan Hindu. Tak hanya itu, suku asli Sri Lanka juga menjadikannya tempat keramat.

Sebagai contoh, pada versi pemeluk Kristen, mereka percaya bahwa jejak kaki tersebut milik St Thomas yang memperkenalkan agama Kristen di Sri Lanka.

Kemudian, untuk umat Buddha sendiri mempercayai jejak tersebut menjadi peninggalan Sang Buddha saat kunjungan terakhirnya ke Sri Lanka.

Beralih ke pemeluk Hindu, mereka menyebut Sri Pada sebagai Sivan Adi Padham. Hal ini didasarkan pada kepercayaannya bahwa jejak kaki tersebut merupakan bekas pijakan dari tarian Dewa Siwa.

Sementara itu, penduduk asli Sri Lanka menyebutnya sebagai Samanalakanda. Saman sendiri menjadi salah satu dari empat dewa yang dipercaya sebagai penjaga pulau tersebut.

Terlepas dari perbedaan versi atau keyakinan masing-masing kelompok tersebut, Sri Pada atau Adam’s Peak telah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Sri Lanka.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)