Biden Tolak Seruan Usir Para Jurnalis dan Duta Besar Rusia

Sabtu, 01 April 2023 - 05:45 WIB
loading...
Biden Tolak Seruan Usir Para Jurnalis dan Duta Besar Rusia
Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendesak Rusia membebaskan reporter Wall Street Journal (WSJ) Evan Gershkovich, yang ditangkap di kota Ekaterinburg pekan ini karena dicurigai melakukan spionase.

Pada saat yang sama, Biden menolak seruan surat kabar itu untuk mengusir para jurnalis Rusia dan duta besar Moskow di Washington sebagai langkah pembalasan.

Biden berbicara singkat tentang pertikaian yang terjadi pada Jumat (31/3/2023) sebelum menaiki Marine One untuk terbang ke kota Mississippi yang baru-baru ini dihancurkan oleh tornado.

"Biarkan dia pergi," jawab presiden AS ketika ditanya apa pesannya ke Moskow terkait Gershkovich.

Ditanya apakah pemerintahannya berencana mengusir diplomat atau jurnalis Rusia, seperti yang diusulkan WSJ, Biden mengatakan, "Itu bukan rencananya saat ini."



Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengumumkan pada Kamis bahwa Gershkovich telah ditahan di Ekaterinburg ketika diduga berusaha mengumpulkan informasi rahasia tentang produsen pertahanan Rusia.

Reporter tersebut diduga melakukan spionase atas nama pemerintah AS, tuduhan yang dapat membawa hukuman penjara hingga 20 tahun.

WSJ menolak tuduhan itu sebagai "meragukan di wajahnya" dan mengklaim pemerintah Rusia telah mengambil "sandera" Gershkovich dalam persiapan untuk pertukaran tahanan di masa depan.

“Pemerintahan Biden harus mempertimbangkan eskalasi diplomatik dan politik. Mengusir duta besar Rusia untuk AS, serta semua jurnalis Rusia yang bekerja di sini, akan menjadi harapan minimum,” ungkap surat kabar itu dalam tajuk rencana pada Kamis.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Jumat bahwa pembalasan yang diusulkan akan "tidak masuk akal dan salah".

Dia menegaskan kembali klaim bahwa Gershkovich telah tertangkap basah.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)