7 Bangunan Indah di Dunia yang Dibangun atas Nama Cinta, Salah Satunya di Indonesia

Jum'at, 31 Maret 2023 - 19:18 WIB
loading...
7 Bangunan Indah di Dunia yang Dibangun atas Nama Cinta, Salah Satunya di Indonesia
Candi Prambanan di Indonesia, satu dari tujuh bangunan indah di dunia yang dibangun atas nama cinta. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tujuh bangunan indah di dunia yang dibangun atas nama cinta. Salah satunya berada di Indonesia.

Seseorang memiliki caranya sendiri ketika mengungkapkan perasaan cintanya kepada sang kekasih. Tak sekadar memberi bunga atau cokelat, ternyata ada juga sebagian lain yang menggunakan cara berbeda, termasuk mendirikan bangunan yang indah.

Sebagai perlambang cinta, eksistensi dari bangunan tersebut tetap terjaga sampai sekarang. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi destinasi wisata yang selalu dipenuhi pengunjung. Lantas, bangunan apa sajakah itu?


Bangunan Indah di Dunia yang Dibangun atas Nama Cinta


1. Taj Mahal


Taj Mahal menjadi salah satu bangunan indah yang populer di dunia. Berada di India, bangunan ini dibangun oleh Raja Shah Jahan sebagai lambang cintanya kepada sang istri yang bernama Mumtaz Mahal.

Mengutip laman Surfaces Reporter, Taj Mahal dibangun setelah kematian Mumtaz Mahal usai melahirkan seorang putri. Sebagai bentuk rasa cintanya, bangunan ini dibuat dengan megah dan indah.



Membutuhkan lebih dari 20.000 pekerja, Taj Mahal menampilkan perpaduan sempurna antara gaya arsitektur Islam, India, dan Persia.


2. Boldt Castle


Boldt Castle dibangun oleh seorang pengusaha kaya bernama George C Boldt. Mengutip laman Archute, awalnya bangunan ini dibuat sebagai simbol cinta untuk kekasihnya sekitar tahun 1900.

Namun, tiba-tiba kekasihnya ini justru meninggal dunia. Pada akhirnya, dia tenggelam dalam depresi dan tidak melanjutkan pembangunan kastilnya.

Seiring waktu, pemerintah terkait membeli kastil tersebut dan membangunnya kembali. Saat ini, Boldt Castle menjadi salah satu destinasi wisata indah yang banyak dikunjungi orang.


3. Kuil Kodai-Ji


Kodai-Ji Temple berada di Distrik Higashiyama Kyoto, Jepang. Didirikan pada 1606, tempat ini dibuat oleh Kita no Mandokoro untuk mengenang jodohnya yang bernama Toyotomi Hideyoshi.

Pada perkembangannya, kuil ini menjadi salah satu tempat bersejarah di Jepang. Selain bangunan utama, terdapat juga taman yang indah hingga tempat pemujaan.


4. Kastil Dobroyd


Berdiri di dataran tinggi Todmorden, Inggris, kastil ini bermula sebagai janji cinta dan tujuan bulan madu. Menurut kisahnya, seorang putra pengusaha kaya bernama John Fielden jatuh cinta kepada gadis penenun.

Singkatnya, dia bersedia menikah dengan syarat jika Fielden membangun sebuah kastil di atas bukit. Usai menyelesaikan konstruksi, tempat bersejarah ini memiliki 4 menara kecil, 66 kamar, menara pusat, hingga kandang kuda.


5. Candi Prambanan


Beralih ke Indonesia, ada Candi Prambanan. Pada pembangunannya, candi ini memiliki kisah legenda terkait Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada Roro Jonggrang.

Sebagai bukti ketulusannya, Roro Jonggrang meminta untuk dibuatkan 1.000 candi dalam waktu semalam.


6. Petit Trianon


Berada di Prancis, bangunan ini dibentuk pada pertengahan abad ke-18 oleh Raja Louis XV. Dalam hal ini, sebelumnya sang raja ingin memberikan hadiah kepada orang yang dicintainya, yakni Madam de Pompadour.

Sayangnya, dia tidak bisa melihat hasilnya karena meninggal dunia sebelum bangunannya selesai. Akhirnya, raja menghadiahkan kastil tersebut untuk wanita lain bernama Marie Antoinette.


7. Coral Castle


Coral Castle dibangun oleh Ed Leedskalnin pada awal tahun 1920-an. Saat itu, tujuan pembangunannya untuk menunjukan cinta tulusnya kepada sang tunangan yang pergi sehari sebelum pernikahan mereka.

Membutuhkan waktu hingga 28 tahun untuk menyelesaikannya, Coral Castle ini sekarang dikenal sebagai kastil legendaris yang banyak dikunjungi wisatawan setiap tahun.

Itulah deretan bangunan indah di dunia yang dibangun atas nama cinta.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)