Korea Utara Eksekusi Warga yang Edarkan Video Korea Selatan

Kamis, 30 Maret 2023 - 20:18 WIB
loading...
Korea Utara Eksekusi Warga yang Edarkan Video Korea Selatan
Korea Utara (Korut) mengeksekusi warga yang edarkan video Korea Selatan (Korsel). Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) mengeksekusi warganya yang mengedarkan video Korea Selatan (Korsel). Korut juga melakukan hal yang sama bagi warganya yang terlibat narkoba dan kegiatan keamanan.

Begitu laporan Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani urusan antar-Korea. Laporan setebal 450 halaman itu berdasarkan kesaksian lebih dari 500 warga Korut yang melarikan diri dari tanah air mereka yang dikumpulkan dari 2017 hingga 2022.

"Hak warga Korea Utara untuk hidup tampaknya sangat terancam," kata kementerian tersebut dalam laporan tersebut.

"Eksekusi dilakukan secara luas untuk tindakan yang tidak membenarkan hukuman mati, termasuk kejahatan narkoba, penyebaran video Korea Selatan, dan kegiatan keagamaan serta takhayul," sambunga kementerian itu seperti dikutip US News dari Reuters, Kamis (30/3/2023).

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi temuan pemerintah Korsel tetapi itu sejalan dengan investigasi dan laporan PBB dari organisasi non-pemerintah.



Korut telah menolak kritik terhadap kondisi hak asasinya sebagai bagian dari rencana untuk menggulingkan penguasanya.

Laporan tersebut memberikan perincian tentang pelanggaran hak yang dipimpin negara yang merajalela di masyarakat, kamp penjara dan di tempat lain, termasuk eksekusi publik, penyiksaan dan penangkapan sewenang-wenang.

"Kematian dan penyiksaan secara teratur terjadi di fasilitas penahanan dan beberapa orang dieksekusi setelah tertangkap mencoba melintasi perbatasan," kata kementerian itu.

Laporan itu muncul saat Korsel berusaha menyoroti kegagalan tetangganya yang terisolasi itu untuk memperbaiki kondisi kehidupan sementara berlomba buat meningkatkan persenjataan nuklir dan misilnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)