Polisi Filipina Sita 500 Kg Sabu yang Disembunyikan dalam Kantong Teh

Rabu, 29 Maret 2023 - 20:31 WIB
loading...
Polisi Filipina Sita 500 Kg Sabu yang Disembunyikan dalam Kantong Teh
Polisi Filipina Sita 500 Kg Sabu yang Disembunyikan dalam Kantong Teh. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Polisi Filipina menyita lebih dari 500 kilogram dugaan methamphetamine ( sabu ) yang disembunyikan dalam kantong teh. Polisi juga menangkap seorang tersangka pengedar narkoba China di kota resor pegunungan utara, kata pejabat polisi, Rabu (29/3/2023).

Penyitaan narkoba di kota Baguio diperkirakan bernilai 4 miliar peso (USD74 juta) dan merupakan salah satu yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir, kata para pejabat.



Seperti dikutip dari AP, sebuah sindikat narkoba tampaknya menyembunyikan narkoba yang dicurigai, yang secara lokal dikenal sebagai sabu, di Baguio, tujuan wisata populer yang terkenal dengan pemandangan gunung dan pohon pinusnya.

Wilayah Baguio dipilih, dan bukan di metropolitan Manila, karena tindakan keras anti-narkoba yang sedang berlangsung di wilayah ibu kota, Sekretaris Dalam Negeri Benhur Abalos dan petugas kepolisian mengatakan.

Presiden Ferdinand Marcos Jr., yang mulai menjabat pada bulan Juni, telah berjanji untuk melanjutkan penumpasan obat-obatan terlarang pendahulunya, yang menyebabkan ribuan tersangka narkoba kelas teri tewas, tetapi mengatakan itu akan dilakukan secara berbeda dan lebih fokus pada rehabilitasi ketergantungan obat.



Di bawah mantan Presiden Rodrigo Duterte, lebih dari 6.000 tersangka pengedar narkoba yang sebagian besar miskin tewas dalam bentrokan yang dilaporkan dengan penegak hukum. Pembunuhan yang meluas itu membuat khawatir pemerintah Barat, termasuk Amerika Serikat, dan memicu penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional sebagai kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Polisi mengatakan ada jauh lebih sedikit pembunuhan tersangka narkoba di bawah Marcos, tetapi kelompok hak asasi manusia masih menyatakan kekhawatiran atas pembunuhan yang terus berlanjut di bawah tindakan keras pemerintah dan meminta Marcos untuk bekerja sama dengan ICC dalam menyelidiki pembunuhan yang terjadi ketika Duterte menjadi presiden dan walikota lama kota Davao selatan.

Setelah ICC menolak seruan pemerintah Filipina untuk berhenti menyelidiki pembunuhan era Duterte, Marcos mengatakan bahwa pemerintahannya akan memutuskan kontak dengan pengadilan yang berbasis di Den Haag.



“Itu mengakhiri semua keterlibatan kami dengan ICC karena kami tidak bisa lagi mengajukan banding,” kata Marcos kepada wartawan saat dimintai komentar atas keputusan majelis banding ICC.

“Pada titik ini, kami pada dasarnya melepaskan diri dari kontak apa pun, dari komunikasi apa pun, saya kira, dengan ICC,” lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)