5 Fakta Unik Aplikasi Alarm Peringatan Serangan Udara Ukraina

Rabu, 29 Maret 2023 - 16:40 WIB
loading...
5 Fakta Unik Aplikasi Alarm Peringatan Serangan Udara Ukraina
5 Fakta Unik Aplikasi Alarm Peringatan Serangan Udara Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Ukraina memang telah lama memunculkan aplikasi alarm peringatan serangan udara . Namun, fitur terbarunya kini adalah memunculkan suara bintang Star Wars, Mark Hamill yang berperan sebagai Luke Skywalker.

Aplikasi tersebut berfungsi sebagai pengganti sirine tradisional. Sehingga para penggunanya akan mendapat notifikasi bunyi sirine ketika akan terjadi serangan udara.

Seluruh masyarakat Ukraina dapat mengakses aplikasi ini yang telah tersedia di Google Play Store mapun Apple Store.


Fakta Unik Aplikasi Alarm Serangan Udara Ukraina

Terdapat beberapa fakta menarik yang jarang diketahui terkait alarm pertanda bahaya di Ukraina ini.

1. Dikembangkan Beberapa Hari Setelah Serangan Pertama Rusia

Dilansir dari Business Insider, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Ukraina mulai membuat aplikasi yang memperingatkan penggunanya tentang serangan udara yang seringkali masuk. Perusahaan tersebut adalah Ajax System.

Menurut Valentine Hrytsenko, Chief Marketing Officer di Ajax Systems Ukraina, mereka hanya mengembangkan aplikasi selama beberapa hari saja setelah serangan pertama pada 24 Februari 2022.

2. Punya Respon Lebih Cepat dari Sirine Tradisional

Ketia akan ada serangan udara yang datang, maka sebuah sirine dalam aplikasi akan berbunyi untuk mengingatkan pengguna agar waspada. Sama fungsinya seperti sirine peringatan tradisional.

Bahkan aplikasi tersebut diklaim lebih cepat dan responsif ketimbang sirine tradisional. Hal ini membuat setiap orang yang hendak bepergian akan selalu waspada.

Berbeda dari sirine yang hanya memberikan informasi ketika serangan datang. Aplikasi ini jauh lebih efektif lantaran memberitahu bila ancaman telah berlalu.


3. Membantu Masyarakat di Daerah Pedesaan

Daerah pedesaan yang jarang terjamah sirine peringatan serangan udara tentulah sangat terbantu dengan kemunculan aplikasi ini. Alarm ini memang tersedia dan dapat digunakan oleh siapapun yang tinggal di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)