Rusia Bakal Tempatkan Senjata Nuklir di Belarusia, Biden: Ini Berbahaya

Rabu, 29 Maret 2023 - 13:24 WIB
loading...
Rusia Bakal Tempatkan Senjata Nuklir di Belarusia, Biden: Ini Berbahaya
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku prihatin dengan rencana Rusia untuk menempatkan senjata nuklir taktis di negara tetangganya Belarusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku prihatin dengan rencana Rusia untuk menempatkan senjata nuklir taktis di negara tetangganya Belarusia.

“Mereka belum melakukannya, kecuali terjadi sesuatu saat saya berada di helikopter,” kata Biden. "Tentu, Saya khawatir tentang itu," sambungnya.

“Apa yang telah saya bicarakan dengan kalian selama setahun terakhir? Ini jenis pembicaraan yang berbahaya, dan mengkhawatirkan,” tambah Biden seperti dikutip dari CNN, Rabu (29/3/2023).



Pada hari Sabtu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan rencana untuk menempatkan senjata nuklir taktis di Belarusia, yang telah menjadi sekutu setia selama invasi ke Ukraina.

"Moskow akan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan khusus untuk senjata nuklir taktis di Belarus pada awal Juli," kata Putin kepada stasiun televisi Rusia 1.

Langkah Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir pekan lalu itu dilakukan setelah Rusia berulang kali menuduh sekutu Barat pendukung Kiev melakukan eskalasi nuklir. Itu terkait dengan rencana Inggris yang berjanji untuk mengirim rudal depleted uranium ke Ukraina.

Inggris telah mengonfirmasi rudal itu akan dikirim bersama dengan tank Challenger 2.



Putin menjelaskan, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko sudah lama meminta penempatan tersebut. Namun, tidak ada reaksi langsung dari Lukashenko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)