Presiden Meksiko Marah Dituding AS: Mereka Pembohong!

Rabu, 22 Maret 2023 - 10:51 WIB
loading...
A A A
Hubungan dengan Washington memburuk dalam beberapa pekan terakhir di tengah serentetan penculikan warga AS di Meksiko utara, termasuk kasus di mana dua orang dibunuh oleh kelompok yang terkait dengan kartel narkoba.

Presiden Meksiko telah menyebut elemen konservatif "anti-Meksiko" di pemerintah AS telah mengobarkan ketegangan antara negara-negara tersebut dan menggunakan insiden penculikan yang fatal untuk menyerang catatan keamanan negaranya.

“Meksiko lebih aman daripada Amerika Serikat,” ujar dia kepada wartawan pekan lalu sebagai tanggapan atas kontroversi tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel menanggapi kritik Lopez Obrador pada Selasa dengan membela tuduhan AS terhadap pemerintah Meksiko.

“Keterlibatan anggota polisi, militer, dan lembaga pemerintah Meksiko lainnya yang dilaporkan dalam tindakan korupsi serius dan pembunuhan sewenang-wenang yang melanggar hukum tetap menjadi tantangan serius bagi Meksiko, dan itulah mengapa mereka disorot dalam laporan kami,” ujar dia.

“Departemen Luar Negeri diamanatkan oleh Kongres untuk membuat laporannya tentang hak asasi manusia Meksiko setiap tahun,” ujar Patel.

Dia menambahkan AS memiliki tantangan domestiknya sendiri. "Kami tidak pernah menunjukkan bahwa kami adalah pemerintah dunia atau pengumuman resmi semacam seperti itu," ungkap dia.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)