AS Percepat Pengiriman Tank Abrams ke Zona Perang Ukraina

Selasa, 21 Maret 2023 - 23:23 WIB
loading...
AS Percepat Pengiriman Tank Abrams ke Zona Perang Ukraina
AS percepat pengiriman tank Abrams ke zona perang Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon dilaporkan mempercepat pengiriman tank Abrams ke Ukraina . Namun tank yang akan dikirim adalah model lama yang diperbarui karena dapat dipersiapkan lebih cepat dengan harapan dikirim ke zona perang dalam 8 hingga 10 bulan ke depan.

Demikian laporan The Associated Press mengutip pejabat Amerika Serikat (AS), Selasa (21/3/2023).

AS awalnya akan mengirim 31 tank M1A2 Abrams ke Ukraina. Ini adalah tipe terbaru, yang bisa memakan waktu satu atau dua tahun untuk dibangun dan dikirim. Namun para pejabat mengatakan keputusan telah dibuat untuk mengirimkan versi M1A1 yang lebih tua, yang dapat diambil dari stok Angkatan Darat dan dapat berada di sana sebelum akhir tahun. Para pejabat mengatakan M1A1 juga akan lebih mudah bagi pasukan Ukraina untuk belajar menggunakan dan memelihara saat mereka melawan invasi Rusia.

Para pejabat berbicara dengan syarat anonim karena rencana tersebut belum diumumkan kepada publik. Para pejabat Pentagon diharapkan membuat pengumuman pada Selasa waktu AS.

Pemerintahan Biden pada bulan Januari mengumumkan bahwa mereka akan mengirim tank ke Ukraina. Itu dilakukan setelah berbulan-bulan bersikeras bahwa mengirimkan kendaraan lapis baja seberat 70 ton itu terlalu rumit dan sulit untuk dirawat serta diperbaiki.



Keputusan tersebut merupakan bagian dari manuver politik yang lebih luas yang membuka pintu bagi Jerman untuk mengumumkan akan mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina dan memungkinkan Polandia dan sekutu lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Tidak jelas seberapa cepat AS akan mulai melatih pasukan Ukraina tentang cara menggunakan, memelihara, dan memperbaiki tank. Tujuannya agar pelatihan pasukan bertepatan dengan perbaikan tank, sehingga keduanya siap bertempur pada waktu yang sama akhir tahun ini. Pentagon juga harus memastikan bahwa pasukan Ukraina memiliki rantai pasokan yang memadai untuk semua suku cadang yang dibutuhkan agar tank tetap beroperasi.

Setiap pengiriman tank kemungkinan tidak akan terjadi pada bulan-bulan musim semi, ketika Rusia dan Ukraina diperkirakan akan melancarkan serangan yang lebih intensif. Kedua belah pihak sebagian besar menemui jalan buntu, memperebutkan sebidang kecil tanah selama musim dingin.

Pertempuran paling sengit terjadi di wilayah Donetsk timur, di mana Rusia sedang berjuang untuk mengepung kota Bakhmut dalam menghadapi pertahanan Ukraina yang kokoh. Gubernur lokal Petro Kyrylenko pada hari Selasa mengatakan di TV Ukraina bahwa serangan Rusia di sana pada hari sebelumnya menewaskan satu warga sipil dan melukai lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)