Dapat Bantuan Jet Tempur MiG-29, Ukraina: Kami Butuh F-16!

Jum'at, 17 Maret 2023 - 19:08 WIB
loading...
Dapat Bantuan Jet Tempur MiG-29, Ukraina: Kami Butuh F-16!
Militer Ukraina menyuarakan keraguannya setelah Polandia berjanji untuk mengirimkan beberapa jet tempur MiG-29. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Militer Ukraina menyuarakan keraguannya setelah Polandia berjanji untuk mengirimkan beberapa jet tempur MiG-29 . Militer Ukraina mengatakan menyambut baik bantuan jet tempur tua namun akan menjadi bantuan terbatas. Sebaliknya, mereka menuntut jet tempur modern buatan Amerika Serikat (AS).

Presiden Polandia Andrzej Duda mengumumkan bantuan senjata yang akan datang pada hari Kamis kemarin, mencatat bahwa Warsawa akan mengirim empat jet tempur MiG-29 yang terkadang beroperasi penuh dalam beberapa hari mendatang. Itu akan menjadi gelombang pertama dari total sekitar selusin jet.

“MiG ini masih beroperasi di angkatan udara Polandia. Mereka berada di tahun-tahun terakhir operasinya tetapi sebagian besar masih berfungsi penuh,” katanya tentang jet tempur itu, varian pertama yang mulai beroperasi di Uni Soviet pada tahun 1983.



Meskipun Perdana Menteri Mateusz Morawiecki mengatakan pengiriman bisa memakan waktu hingga enam minggu pada konferensi pers pada hari Selasa, jadwal tampaknya telah bergeser maju, dengan Duda menyatakan bahwa Polandia sekarang "hampir" mengirim jet ke Ukraina. Masih belum jelas bagaimana jet-jet itu akan dikirim melintasi perbatasan dan kapan mereka akan tiba.

Menyusul pengumuman tersebut, Kiev mengatakan bahwa meskipun "bersyukur" untuk bantuan senjata itu, pesawat Soviet tidak akan cukup. Juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yuri Ignat, mencatat bahwa mereka tidak mungkin mengubah situasi secara dramatis di jalur kontak.

“MiG tidak akan menyelesaikan tugas; kami membutuhkan F-16,” katanya kepada wartawan seperti dikutip dari RT, Jumat (17/3/2023).

Ia menambahkan bahwa sementara keberadaan jet tempur MiG akan membantu memperkuat kemampuan mereka, Ukraina membutuhkan pesawat multiguna Barat untuk mendapatkan keuntungan atas musuh.



Moskow belum mengomentari bantuan jet tempur MiG Polandia, tetapi telah berulang kali mendesak pengiriman senjata asing ke Kiev dihentikan, dengan alasan hanya akan memperpanjang konflik dan membuat penyelesaian negosiasi menjadi tidak mungkin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)