Tidak Kapok, AS Kirim Drone Mata-Mata Lain ke Lokasi Jatuhnya MQ-9 di Laut Hitam

Jum'at, 17 Maret 2023 - 13:49 WIB
loading...
A A A
Sebagai bagian dari penilaian ini, tampaknya akan dilakukan upaya untuk menimbang nilai intelijen dari rute tertentu.

Para pejabat AS tampaknya membenarkan langkah mendorong penerbangan pengintaian di area yang dapat memicu eskalasi lebih lanjut dengan Rusia.

Meski sejumlah pejabat Amerika bersikeras operator pesawat tak berawak itu telah menghapus semua informasi sensitif dari jarak jauh sebelum jatuh ke laut, media AS melaporkan pada Rabu bahwa Rusia diduga telah menemukan beberapa puing, termasuk potongan-potongan fiberglass atau potongan-potongan kecil UAV.

Pesawat tak berawak MQ-9 Reaper AS jatuh di Laut Hitam setelah melakukan manuver tajam ketika jet tempur Rusia dikerahkan untuk mengidentifikasi pesawat yang terbang ke arah Crimea dengan transponder dimatikan.

Faktanya, AS tidak mengakui klaim Rusia atas Crimea, yang dipersatukan kembali dengan Rusia pada 2014.

Dalam referendum nasional yang diadakan pada 16 Maret tahun itu, lebih dari 95% pemilih di Crimea dan Sevastopol mendukung reunifikasi dengan Rusia setelah beberapa dekade terpisah.

Sikap AS berarti tidak mengakui klaim apa pun mengenai pembentukan zona larangan terbang oleh Rusia untuk mendukung operasi militernya yang sedang berlangsung melawan Ukraina.

Mengacu pada insiden Selasa, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan satu jet tempur Su-27 telah dikerahkan untuk mengikuti drone MQ-9 Reaper tak dikenal yang bergerak menuju perbatasan Rusia.

Kendaraan udara tak berawak AS jatuh di perairan internasional di Laut Hitam, lepas pantai Crimea, akibat melakukan manuver tajam.

“Pesawat Rusia yang dikirim untuk mencegatnya tidak melakukan kontak dengan drone, juga tidak menggunakan senjata untuk melawannya,” ungkap Kementerian Pertahanan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)