Sekutu Netanyahu Tolak Aneksasi Tepi Barat

Jum'at, 17 Juli 2020 - 22:37 WIB
loading...
Sekutu Netanyahu Tolak Aneksasi Tepi Barat
Pemukiman di Tepi Barat. Foto/Watch Jerusalem
A A A
TEL AVIV - Mitra koalisi utama Perdana Menteri Israel , Benjamin Netanyahu, menginginkan untuk mengesampingkan aneksasi Tepi Barat yang direncanakan dan alih-alih fokus pada peningkatan kondisi bagi pemukim Yahudi dan Palestina di wilayah pendudukan. Hal itu diungkapkan oleh dua menteri kabinet Israel.

Mantan jenderal Benny Gantz dan Netanyahu yang konservatif setuju untuk mulai membahas pencaplokan pada 1 Juli, tetapi rencana itu - yang sudah dihadang oleh serangan balik diplomatik - telah dikesampingkan oleh kebangkitan virus Corona.

Gantz mengatakan krisis kesehatan harus didahulukan dari setiap langkah Tepi Barat yang mungkin mengobarkan konflik dengan Palestina. Tepi Barat yang diduduki Israel adalah bagian dari wilayah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967.

Netanyahu bisa melakukannya sendiri dalam menyatakan kedaulatan Israel atas permukiman Tepi Barat dan Lembah Jordan yang strategis. Tetapi keraguan Gantz telah mempersulit upaya Israel untuk menghadirkan sebuah front persatuan tentang aneksasi dan bagaimana mereka bisa cocok dengan rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk perdamaian Timur Tengah.

Sementara Gantz - yang popularitasnya merosot sejak ia memutuskan hubungan dengan aliansi oposisi untuk bergabung dengan Netanyahu pada Maret - telah membatasi pengaruh politik, perannya sebagai menteri pertahanan juga menempatkannya secara langsung bertanggung jawab atas kegiatan sipil di Tepi Barat.

Alon Schuster, menteri pertanian Israel dan anggota partai Biru-Putih Gantz, mengatakan dia bekerja untuk mencapai budidaya dan bukan aneksasi sekarang untuk para petani Tepi Barat.

"Kita perlu membawa air ke Lembah Yordania - untuk Israel dan Palestina yang tinggal di sana, dengan cara - dan untuk meningkatkan listrik," kata Schuster kepada stasiun radio Tel Aviv 102 FM.

“Mengapa bertengkar dan membuang waktu? Saya harap kita menghabiskan sumber daya nasional kita untuk ini," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/7/2020).

Sementara menteri dari partai Biru dan Putih lain mengatakan ini juga pendekatan Gantz, dan bahwa pemimpin partai percaya bekerja pada infrastruktur Tepi Barat yang dibagikan oleh para pemukim dan Palestina akan memungkinkan koeksistensi sesuai dengan rencana Trump.

Diminta untuk merespons, kantor Netanyahu menolak berkomentar.

Palestina telah menolak rencana Trump, yang membayangkan mereka mendapatkan status kenegaraan di 70% dari Tepi Barat, sebagai non-starter. Kekuatan-kekuatan Eropa khawatir tindakan teritorial sepihak Israel dapat membunuh upaya perdamaian yang hampir mati.

Menteri senior dari partai Likud Netanyahu telah mendesak aneksasi sekarang. Beberapa pribadi khawatir bahwa minat Trump akan berkurang ketika pemilu AS di bulan November semakin dekat, dan jika ia kalah, itu akan menutup jendela peluang untuk aneksasi.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)