Sejarah Kekuatan Kru Tank Wanita di Perang Dunia II dan Perkembangannya Kini

Selasa, 14 Maret 2023 - 10:06 WIB
loading...
Sejarah Kekuatan Kru Tank Wanita di Perang Dunia II dan Perkembangannya Kini
Semua awak tank wanita di IMRB ke-200 Rusia di Pechenga mendapat penghargaan pada Hari Pasukan Tank setelah menyelesaikan kursus pelatihan selama sebulan. Foto/twitter/@russiandefpolic
A A A
MOSKOW - Perang Dunia II telah berakhir lama, namun ada beberapa peristiwa yang digadang-gadang akan terulang kembali pada masa sekarang ini yakni kembalinya kru tank wanita dalam perang.

Berpotensi menjadi bentrokan lapis baja pertama di tanah Eropa setelah perang tank besar-besaran perang Dunia II, Rusia dianggap akan mengulang sejarah dengan mempekerjakan awak tank wanita andalannya.

Dalam sejarah kru tank wanita pada perang dunia II, nama awak tank wanita Rusia seperti Maria Oktyabrskaya dan Yekaterina Petlyuk dianggap penting dalam sejarah militernya.

Kedua kru wanita itu telah menerima penghargaan pahlawan Uni Soviet yang masing-masing diantaranya telah mencapai prestasi penting dengan tank T-34 dan T-60 mereka di tengah bias rekan pria militer kala itu.



Dalam riwayatnya, Maria pernah menghancurkan lusinan tank jerman dan senjata artileri. Sementara Yekaterina secara ajaib pernah menghancurkan ladang ranjau dan menghentikan tanknya tiga meter dari ranjau.

Selain itu, perwira menengah Alexandra Samusenko juga termasuk awak tank legendaris Rusia yang terkenal. Kala itu Wakil Komandan Batalyon ini pernah menghadapi tentara Jerman yang terkenal kuat.

Dalam pertempuran yang dialaminya kala itu, Alexandra sempat terluka tiga kali dan harus meninggalkan tanknya karena terbakar dua kali saat menghadapi tiga tank Tiger Jerman.



Terlepas dari kecepatan dan kemampuan manuvernya, tank itu masih dikalahkan oleh tank Jerman yang lebih berat dan lebih canggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)