AS Pertimbangkan Berlakukan Larangan Perjalanan Bagi Anggota PKC

Jum'at, 17 Juli 2020 - 18:50 WIB
loading...
AS Pertimbangkan Berlakukan Larangan Perjalanan Bagi Anggota PKC
Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Amerika Serikat (AS) dibawah Presiden Donald Trump terus mengeluarkan kebijakan anti China . Terbaru, pemerintah AS tengah mempertimbangkan larangan perjalanan ke negara itu bagi semua anggota Partai Komunis China (PKC) dan keluarganya.

"Para pejabat senior yang membahas masalah ini mungkin telah mulai mengedarkan sebuah rancangan perintah presiden, tetapi pembahasannya masih pada tahap awal dan masalah tersebut belum diajukan kepada Presiden Donald Trump," kata sebuah sumber yang mengetahui hal itu dengan syarat anonim seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/7/2020).

Diskusi, pertama kali dilaporkan oleh New York Times, berpusat pada apakah akan menolak visa untuk lebih dari 90 juta warga China dalam apa yang akan menjadi salah satu tindakan terberat Washington namun dalam perselisihan yang meluas dengan Beijing bahwa beberapa orang menyamakan dengan Perang Dingin baru.

Menurut sumber yang sama, pejabat AS di berbagai lembaga terlibat dalam proses yang mencakup pertimbangan apakah akanmelaranganak-anak anggota PKC berkuliah di universitas di AS.(Baca: Trump Tandatangani UU Sanksi China Atas Intervensi di Hong Kong )

Fakta bahwa larangan besar seperti itu sedang dibahas menunjukkan sejauh mana pembantu Trump mungkin bersiap untuk melangkah karena mereka membuat tema keras terhadap China, sebuah dorongan kampanye untuk pemilu pada bulan November mendatang.

Trump dan calon calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden telah bersaing untuk mengalahkan satu sama lain tentang siapa yang dapat mengambil sikap lebih kuat melawan China.

Para pembantu Trump telah menjadikan PKC target utama untuk apa yang mereka sebut kegiatan "memfitnah" Beijing. Tetapi Trump telah menahan kritik langsung terhadap Presiden China Xi Jinping, yang telah dipujinya sebagai teman.

Menurut orang yang akrab dengan diskusi tersebut di antara opsi-opsi tersebut adalah mendasarkan moratorium visa pada undang-undang imigrasi yang digunakan oleh Trump untuk membenarkan larangan bepergiannya pada 2017 terhadap sekelompok negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

"Trump juga dapat memiliki wewenang untuk membuat pengecualian untuk individu atau kategori tertentu," kata sumber itu.

Menurut sumber itu satu kesulitan yang pasti adalah menentukan warga negara China mana yang merupakan anggota partai, karena otoritas AS tidak memiliki daftar lengkap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)