5 Teori Nasib Malaysia Airlines MH370: Bunuh Diri Pilot hingga Ditembak Jatuh AS

Kamis, 09 Maret 2023 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Apa yang terjadi dengan Malaysia Airlines MH370? Ini 5 teori yang muncul.

1. Malaysia Airlines MH370 Jatuh

Puing-puing yang dikonfirmasi atau diyakini berasal dari MH370 telah terdampar selama bertahun-tahun. Potongan puing pertama ditemukan di pantai pulau RĂ©union di Samudra Hindia pada tahun 2015 dan potongan lainnya telah ditemukan di Tanzania, Mozambik, Afrika Selatan, Madagaskar, dan Mauritius.

Menurut laporan Reuters, sebanyak 33 keping puing telah ditemukan pada Desember 2016, tetapi hanya tiga yang secara positif diidentifikasi berasal dari MH370. Ini menandakan bahwa pesawat tersebut jatuh, berpotensi jatuh di Samudra Hindia.



Dalam laporan resmi dari pemerintah Malaysia tentang hilangnya pesawat pada Juli 2018, perwakilan pemerintah; Dr Kok Soo Chon, mengatakan pada konferensi pers: "Tidak ada catatan kerusakan atau cacat pada pesawat yang dapat menyebabkan hilangnya--yang telah ditemukan."

2. Pesawat MH370 Ditembak karena Muatannya

Satu teori yang dikemukakan dalam film dokumenter Netflix menunjukkan bahwa pesawat itu bisa saja ditembak jatuh di atas Laut China Selatan, diduga karena muatan yang dibawa pesawat itu.

Menurut laporan Reuters, keluarga mereka yang berada di dalam pesawat meminta pemerintah Malaysia untuk menyelidiki apakah ada bukti pecahan peluru di puing-puing yang telah diidentifikasi berasal dari MH370.

3. Pilot Malaysia Airlines MH370 Bertanggung Jawab

Teori lain yang dieksplorasi dalam film dokumenter Netflix adalah apakah MH370 menghilang sebagai bagian dari "plot pembunuhan-bunuh diri" oleh pilot Zaharie Ahmad Shah.

Simulator penerbangan rumah pilot tampaknya menunjukkan bahwa dia telah terbang dengan rute yang sama, di mana pesawat dialihkan dari jalur yang dimaksudkan. Teori tersebut menyatakan bahwa dia secara manual mematikan komunikasi radar dan menurunkan tekanan kabin, meninggalkan pesawat dengan auto-pilot sampai kehabisan bahan bakar dan jatuh.

Namun, dalam laporan resmi pemerintah Malaysia, Kok mengatakan: "Kami telah memeriksa pilot dan perwira pertama dan kami cukup puas dengan latar belakang mereka, dengan pelatihan mereka, dengan kesehatan mental mereka."

"Kami tidak berpendapat bahwa itu bisa saja merupakan peristiwa yang dilakukan oleh pilot."

4. Pesawat MH370 Dibajak Rusia

Salah satu teori yang dikemukakan adalah bahwa MH370 dibajak selama penerbangannya, dengan klaim dalam film dokumenter yang mengatakan bahwa pembajak Rusia mengambil alih pesawat untuk mengalihkan perhatian dari pendudukan Moskow di Crimea.

Teori ini dikemukakan karena penerbangan Malaysia Airlines lainnya ditembak jatuh oleh rudal Rusia saat terbang di atas Ukraina pada Juli 2014.

Dalam laporan resmi pemerintah, Kok mengatakan bahwa mereka tidak mengesampingkan dugaan bahwa pihak ketiga terlibat dalam hilangnya MH370, yang menambah bobot teori tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)