Rusia Patut Waspada, AS Pasok Ukraina dengan Bom Pintar JDAM

Selasa, 07 Maret 2023 - 23:09 WIB
loading...
Rusia Patut Waspada, AS Pasok Ukraina dengan Bom Pintar JDAM
Seorang petinggi militer AS mengkonfirmasi Washington telah memasok Ukraina dengan bom pintas JDAM-ER. Foto/Bloomberg
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Ukraina sekarang dapat mengunakan bom pintar Joint Direct Attack Munition-Extended Range, atau JDAM-ER, melawan pasukan Rusia. Hal itu diungkapkan perwira tinggi Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Eropa.

“Baru-baru ini, kami baru saja mendapatkan beberapa amunisi presisi (ke Ukraina) yang memiliki jangkauan yang lebih jauh dan sedikit lebih jauh dari bom jatuh gravitasi dan memiliki (panduan) presisi,” kata Jenderal Angkatan Udara AS, James Hecker, Kepala Angkatan Udara AS di Eropa (USAFE), serta Komando Udara Sekutu NATO dan Angkatan Udara AS Afrika (AFAFRICA).

"Itu adalah kemampuan baru-baru ini yang mungkin dapat kami berikan kepada mereka dalam tiga minggu terakhir," imbuhnya seperti dikutip dari The War Zone, Selasa (7/3/2023).



Ia lebih lanjut mengkonfirmasi bahwa ia secara khusus berbicra tentang JDAM-ER.

Namun, konfigurasi yang tepat dari JDAM-ER yang telah diterima oleh Ukraina sejauh ini masih belum jelas. Tidak diketahui juga platform apa yang digunakan pasukan Ukraina untuk menggunakan senjata-senjata ini.

Hecker juga menekankan bahwa jumlah total JDAM-ER yang dimiliki Ukraina saat ini terbatas.

"Mereka memiliki (jumlah yang) cukup untuk melakukan beberapa serangan," ujarnya.

Hecker secara khusus mencatat bahwa JDAM-ER memberi pasukan Ukraina kemampuan untuk mencapai target yang sama sekali baru yang mungkin berada di luar jangkauan peluncur senjata udara dan sistem berbasis darat yang ada, termasuka sistem roket HIMARS yang dipasok AS serta varian turunan dari M270 Multiple Launch Rocket System (MLRS) yang disediakan oleh negara lain.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)