AS Beri Ukraina Peralatan Canggih, Ubah Roket Biasa Jadi Bom Pintar

Kamis, 15 Desember 2022 - 14:01 WIB
loading...
AS Beri Ukraina Peralatan Canggih, Ubah Roket Biasa Jadi Bom Pintar
Seorang penerbang Angkatan Udara AS menyesuaikan antarmuka sirip Joint Direct Attack Munition agar sesuai dengan jet tempur F-16 selama latihan militer Agustus di Italia. Foto/Penerbang Senior Jessica Blair/Hubungan Publik Sayap Tempur ke-31
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih berencana memasok Ukraina dengan peralatan elektronik canggih untuk mengubah amunisi udara tak terarah menjadi "bom pintar" presisi tinggi untuk menargetkan posisi militer Rusia.

Surat kabar Amerika Serikat (AS) melaporkan hal itu pada Rabu (14/12/2022), mengutip pejabat senior AS yang mengetahui masalah tersebut.

Menurut laporan itu, pengiriman akan mencakup perangkat pemosisian global untuk serangan presisi yang dapat digunakan ke berbagai senjata.

Peralatan canggih itu mampu menciptakan apa yang disebut Pentagon sebagai Joint Direct Attack Munition (JDAM).

“Belum diketahui apakah Presiden AS Joe Biden atau pejabat senior pertahanan AS telah menyetujui pengiriman peralatan tersebut,” ungkap laporan The Washington Post.



Para pejabat tidak mengatakan apakah militer Ukraina akan menggunakan peralatan itu dengan amunisi berbasis udara atau darat atau senjata apa yang dimiliki Ukraina akan diubah menjadi "bom pintar" presisi tinggi.

Kabar tersebut muncul setelah laporan rencana AS mengirim sistem rudal Patriot ke Ukraina. Langkah Barat itu seiring gencarnya serangan rudal dari Rusia ke wilayah tetangganya itu.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)