Kapal Perang India Berhasil Uji Tembak Rudal BrahMos di Laut Arab

Senin, 06 Maret 2023 - 13:44 WIB
loading...
Kapal Perang India Berhasil Uji Tembak Rudal BrahMos di Laut Arab
Kapal perang India berhasil menguji tembak rudal supersonik BrahMos di Laut Arab pada hari Minggu. Foto/PTI
A A A
NEW DELHI - Sebuah kapal perang Angkatan Laut India berhasil menguji tembak rudal supersonik BrahMos di Laut Arab pada hari Minggu.

Para pejabat setempat mengatakan misil yang diuji tembak memiliki "pencari dan pendorong" buatan dalam negeri.

“Angkatan Laut India melakukan serangan presisi yang sukses di Laut Arab dengan kapal meluncurkan rudal BrahMos dengan pencari dan pendorong buatan DRDO [Defence Research and Development Organisation], memperkuat komitmen kami terhadap Aatmanirbharta (kemandirian) dalam pertahanan,” kata seorang pejabat militer senior India, seperti dikutip dari PTI, Senin (6/3/2023).

Misil supersonik tersebut diproduksi oleh BrahMos Aerospace Pvt Ltd, perusahaan patungan India-Rusia. Menurut perusahaan tersebut, rudal supersonik BrahMos memiliki banyak versi, yakni versi peluncuran kapal selam, kapal permukaan, pesawat tempur dan platform peluncuran darat.



Rudal BrahMos terbang dengan kecepatan 2,8 Mach atau hampir tiga kali kecepatan suara.

Rudal supersonik BrahMos versi anti-kapal berhasil diuji coba oleh Angkatan Laut India bersama Komando Andaman dan Nicobar pada April tahun lalu.

India juga telah mengekspor rudal BrahMos.

Pada Januari tahun lalu, India menyegel kesepakatan senilai USD375 juta dengan Filipina untuk memasok tiga baterai sistem rudal tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)