Rusia Garap Pesawat Anti-Kapal Selam Baru untuk Gantikan Il-38 Soviet

Minggu, 05 Maret 2023 - 00:30 WIB
loading...
Rusia Garap Pesawat Anti-Kapal Selam Baru untuk Gantikan Il-38 Soviet
Armada Samudera Pasifik Rusia sedang terbang dalam misi tertentu. Foto/ria novosti
A A A
MOSKOW - Rusia mulai mengembangkan pesawat anti-kapal selam baru dengan jangkauan senjata yang lebih luas, untuk menggantikan Il-38 Soviet.

Kabar tersebut diungkapkan sumber informasi kepada Sputnik. “Pekerjaan pengembangan telah dimulai pada pembuatan pesawat anti-kapal selam, pengintaian dan patroli dasar untuk menggantikan Il-38 Soviet,” ujar sumber itu.

“Mesin baru ini akan mempertahankan standar tata letak empat mesin untuk pesawat kelas ini, rencananya akan dilengkapi dengan mesin turboprop TV7-117,” ungkap sumber itu.

Sumber itu menambahkan pesawat baru akan menerima peralatan on-board terbaru, termasuk pelampung sonar baru, dan jangkauan senjatanya akan diperluas dibandingkan dengan Il-38.



Pesawat anti-kapal selam Rusia yang baru akan dibangun hampir seluruhnya menggunakan komponen elektronik domestik.

Pesawat anti-kapal selam dan patroli laut Ilyushin Il-38 diproduksi pada 1967-1972. Secara total, lebih dari 60 pesawat perang dibangun.

Pesawat dalam versi dasarnya dilengkapi dengan pelampung radio sonar untuk memburu kapal selam musuh, serta berbagai senjata anti kapal selam, termasuk torpedo dan ranjau.

Saat ini ada sekitar 25 pesawat Il-38, termasuk Il-38N yang dimodernisasi, yang beroperasi di militer Rusia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)