Angkatan Laut Inggris Sita Senjata Selundupan Iran di Teluk Oman

Jum'at, 03 Maret 2023 - 00:30 WIB
loading...
Angkatan Laut Inggris Sita Senjata Selundupan Iran di Teluk Oman
Angkatan Laut Inggris Sita Senjata Selundupan Iran di Teluk Oman. FOTO/Reuters
A A A
DUBAI - Angkatan Laut Inggris menyita rudal anti-tank dan sirip untuk rakitan rudal balistik selama penggerebekan di sebuah kapal kecil dari Iran yang kemungkinan menuju ke Yaman . Penyitaan dilakukan di Teluk Oman, Kamis (2/3/2023).

Seperti dilaporkan AP, penyitaan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris terjadi setelah penyitaan lain oleh pasukan Prancis dan Amerika Serikat (AS) di wilayah tersebut, ketika kekuatan Barat meningkatkan tekanan mereka terhadap Iran, karena sekarang memperkaya uranium.



“Di dalam kapal, pasukan Inggris menemukan peluru kendali anti-tank Rusia 9M133 Kornet, yang dikenal di Iran sebagai "Dehlavieh," kata Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Timur Tengah dan Angkatan Laut Inggris.

Senjata-senjata itu terlihat dalam penyitaan lain yang diduga berasal dari Iran dan menuju Yaman. Juga ada sirip kecil yang diidentifikasi oleh Angkatan Laut AS sebagai baling-baling jet untuk rudal balistik jarak menengah.

Komponen Iran telah membantu membangun persenjataan rudal untuk pemberontak Houthi Yaman, yang telah menguasai ibu kota negara itu, Sanaa, sejak 2014.

Resolusi PBB melarang transfer senjata ke pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman. Teheran telah lama membantah mempersenjatai para pemberontak, meskipun ada bukti fisik, banyak penyitaan, dan ahli yang mengikat senjata itu kembali ke Iran.



“Penyitaan oleh HMS Lancaster dan kehadiran permanen Angkatan Laut Kerajaan di wilayah Teluk mendukung komitmen kami untuk menegakkan hukum internasional dan menangani aktivitas yang mengancam perdamaian dan keamanan di seluruh dunia,” kata Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace.

Wakil Laksamana Brad Cooper, komandan Armada ke-5 Amerika, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ini adalah “larangan senjata atau obat-obatan terlarang ketujuh dalam tiga bulan terakhir dan contoh lain dari meningkatnya aktivitas maritim berbahaya Iran di seluruh wilayah.”

Sementara media pemerintah Iran tidak segera mengakui penyitaan itu dan misi Iran untuk PBB tidak segera menanggapi permintaan komentar.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)