Bertemu Lavrov di Pertemuan G20, Ini yang Disampaikan Blinken

Kamis, 02 Maret 2023 - 20:15 WIB
loading...
Bertemu Lavrov di Pertemuan G20, Ini yang Disampaikan Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berbicara singkat saat bertemu di sela-sela pertemuan G-20 di New Delhi, India. Foto/Al Jazeera
A A A
NEW DELHI - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berbicara singkat pada Kamis (2/3/2023). Itu terjadi pada pertemuan para diplomat top dari negara-negara Kelompok 20 (G20) dalam pertemuan tingkat tinggi pertama dalam beberapa bulan antara kedua negara.

Para pejabat AS mengatakan Blinken dan Lavrov mengobrol selama kira-kira 10 menit di sela-sela konferensi G20 di New Delhi, India. Pertemuan singkat itu terjadi ketika hubungan antara Washington dan Moskow anjlok sementara ketegangan atas perang Rusia dengan Ukraina melonjak.

Seorang pejabat senior AS mengatakan Blinken menggunakan diskusi tersebut untuk menyampaikan tiga poin kepada Lavrov: bahwa AS akan mendukung Ukraina dalam konflik selama diperlukan untuk mengakhiri perang, Rusia harus membatalkan keputusannya untuk menangguhkan partisipasi dalam perjanjian nuklir New START dan Moskow harus membebaskan Paul Whelan dari Amerika yang ditahan.



Pejabat itu, yang berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim untuk membahas percakapan pribadi, mengatakan Blinken telah "melucuti" Lavrov dari gagasan apa pun yang mungkin mereka miliki bahwa dukungan AS untuk Ukraina goyah.

Pejabat itu menolak untuk menggambarkan tanggapan Lavrov tetapi mengatakan Blinken tidak mendapat kesan bahwa akan ada perubahan dalam perilaku Rusia dalam waktu dekat seperti dikutip dari ABC News.

Rusia tidak segera mengomentari substansi pembicaraan, tetapi juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan Blinken telah meminta untuk berbicara dengan Lavrov.

Itu adalah kontak pertama keduanya sejak musim panas lalu, ketika Blinken menelepon Lavrov tentang proposal AS agar Rusia membebaskan Whelan dan mantan bintang WNBA Brittney Griner yang ditahan.



Griner kemudian dibebaskan dalam pertukaran dengan pedagang senjata Rusia yang dipenjara, Viktor Bout, tetapi Whelan tetap ditahan di Rusia setelah dituduh sebagai mata-mata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)