Thunberg: Dunia Harus Robek Sistem Lama untuk Atasi Perubahan Iklim

Jum'at, 17 Juli 2020 - 00:03 WIB
loading...
Thunberg: Dunia Harus Robek Sistem Lama untuk Atasi Perubahan Iklim
Aktivis Swedia Greta Thunberg. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Aktivis Swedia Greta Thunberg menyatakan dunia perlu perubahan ekonomi untuk atasi perubahan iklim dan negara-negara harus bersiap merobek kesepakatan dan kontrak lama untuk memenuhi target hijau.

Perempuan 17 tahun itu menjelaskan pada Reuters setelah dia dan aktivis lain mengirim surat terbuka pada para pemimpin Eropa untuk mengambil aksi darurat. Menurut Greta Thunberg, orang yang memiliki kekuasaan secara praktis putus asa dalam mencari solusi nyata.

“Kita perlu melihat ini sebagai, di atas semuanya, satu krisis eksistensial. Dan selama ini tidak dianggap sebagai krisis, kita dapat memiliki berbagai negosiasi dan perundingan perubahan iklim. Ini tidak mengubah sesuatu,” kata Greta Thunberg.

Thunberg menyatakan hanya perubahan fundamental pada sistem yang ada yang dapat mengendalikan perubahan iklim.

Dia menyebut studi PBB yang dirilis November bahwa rencana investasi untuk mendorong produksi bahan bakar fosil akan mendorong target suhu dalam Kesepakatan Paris 2015 tak dapat tercapai.

“Jadi itu berarti bahwa jika kita tetap di bawah target itu, kita harus menjadikannya mungkin untuk merobek dan meninggalkan kontrak dan kesepakatan itu. Dan itu tidak mustahil dalam sistem sekarang,” papar Thunberg. (Lihat Infografis: Kapal Perang AS Meledak, Harganya Rp10,9 T dan 57 Orang Terluka)

“Jadi, ya, tentu kita perlu berpikir berbeda. Dan, ya, kita perlu berpikir di luar kotak,” ujar dia. (Lihat Video: Heboh! Pedagang Angkringan Cantik di Sragen Bikin Pembeli Gagal Fokus)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)