Laporan Investigasi Bongkar Istana Putin dan Kekasihnya di Dalam Hutan

Rabu, 01 Maret 2023 - 13:26 WIB
loading...
Laporan Investigasi Bongkar Istana Putin dan Kekasihnya di Dalam Hutan
Sebuah laporan investigasi menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki rumah megah di sebuah tanah pertanian dan tinggal bersama kekasihnya. Foto/Daily Mail
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan tinggal bersama pacarnya yang seorang pesenam di tanah pedesaan yang luas dan dijaga ketat. Sejumlah rumah megah berdiri di atas tanah itu dengan kamar berlapis daun emas dan taman bermain untuk anak-anak mereka yang masih kecil.

Menurut The Project, situs berita investigasi Rusia, Alina Kabaeva (39), seorang juara senam ritmik Olimpiade yang telah lama dikaitkan dengan pemimpin Rusia berusia 70 tahun itu, tinggal di sebuah vila di perkebunan Putin di Danau Valdai, sekitar 400 kilometer barat laut Moskow.

Situs tersebut melaporkan Presiden Rusia itu telah membelikan kekasihnya sebuah kerajaan properti senilai USD120 juta atau sekitar Rp1,8 triliun melalui dana gelap di Siprus.

"Konstruksi rumah Kabaeva dimulai pada 2020 dan selesai dua tahun kemudian," klaim laporan tersebut seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Rabu (1/3/2023).

Dengan luas hampir 1.200 meter persegi, mansion ini seluruhnya dibangun dari kayu dengan gaya dacha Rusia. Konstruksi dilakukan oleh perusahaan milik Yuri Kovalchuk, pengusaha Rusia yang juga dikenal sebagai "bankir Putin".

Pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada The Project bahwa mereka telah melihat anak-anak di tempat itu, dan gambar satelit yang diambil antara tahun 2016 dan 2020 menunjukkan taman bermain di hutan yang diyakini dibangun untuk keluarga tersebut.

Daerah itu sering dikunjungi oleh kerabat perempuan jauh Kabaeva, digambarkan sebagai pendampingnya dalam manifes kereta yang bocor. Para pendamping juga dilaporkan memiliki properti di daerah tersebut.

Rumah tempat tinggal Kabaeva hanya berjarak 800 meter dari Valdai, kediaman Putin yang paling dijaga ketat dan paling pribadi, tempat dia jarang mengadakan pertemuan publik.



Foto-foto rumah besar itu, yang dibocorkan oleh seorang eksekutif konstruksi yang bekerja di sekitar rumah tersebut hingga tahun 2005, menunjukkan interior mewah yang dikabarkan terinspirasi oleh kecintaan Putin pada kampung halamannya di St Petersburg dan Museum Hermitage abad ke-18.

Satu gambar konon menunjukkan ruang kerja presiden yang dihiasi dengan furnitur mahoni berornamen dan menampilkan telepon rumah yang aman yang digunakan oleh pejabat tinggi Kremlin.

Di ruangan lain, terlihat kursi-kursi berlapis emas yang disusun mengelilingi meja kaca dan lampu gantung berbentuk bola, dengan daun-daun keemasan menggantung di langit-langit.

"Para tamu di rumah didorong untuk menjangkau dan menyentuhnya," klaim kontraktor.

Foto lain tampak menunjukkan lampu gantung besar yang dihiasi batu rubi.

Keberadaan vila tersebut pertama kali dilaporkan pada 2021 oleh tim pemimpin oposisi Rusia yang dipenjara, Alexei Navalny, yang mengklaim bahwa dana anggaran digunakan untuk menyewa properti dari Kovalchuk.

Baik Putin maupun Kabaeva telah berulang kali menyangkal bahwa mereka sedang menjalin hubungan.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya yang menghadiri pesta pribadi Putin mengatakan mereka belum pernah melihat keduanya bersama-sama, tetapi mereka yakin keduanya memiliki hubungan, dengan mengatakan hanya pejabat berpangkat tinggi dalam detail keamanan presiden yang mengetahui detail pengaturan mereka.



Sebagai tanda lain dari kedekatannya dengan Putin, Kabaeva pada tahun 2014 ditunjuk untuk memimpin Grup Media Nasional Rusia, sebuah perusahaan induk milik Kovalchuk, meskipun tidak memiliki pengalaman yang relevan.

Investigasi itu didasarkan pada dokumen yang diberikan oleh whistleblower yang tidak disebutkan namanya, digambarkan sebagai eksekutif di "kerajaan bisnis salah satu teman terdekat presiden", yang terlibat langsung dalam mengelola perusahaan yang berbasis di Siprus yang digunakan sebagai dana gelap.

Whistleblower itu menghubungi wartawan karena dia marah dengan invasi Rusia ke Ukraina dan mengatakan rezim Rusia harus dihentikan.

Dokumen mengungkapkan bagaimana teman dekat Putin dan perusahaan mereka memompa uang ke Ermira, perusahaan Siprus, yang kemudian digunakan untuk membeli real estat mewah dan memenuhi kebutuhan Putin beserta keluarganya.

Pemimpin Rusia itu juga dituduh meraup untung dari penjualan merek vodka populer yang dinamai menurut namanya yang muncul di pasar pada awal tahun 2000-an. Hak properti atas vodka berulang kali dialihkan antara teman masa kecilnya Arkady Rotenberg dan perusahaan yang berbasis di Siprus.

Menurut perkiraan, penjualan vodka itu akan menghasilkan Putin setidaknya setengah juta dolar antara 2004 dan 2019.

Dikenal karena gaya hidupnya yang tertutup, Kabaeva terungkap sebagai pemilik sejumlah properti mewah lainnya di seluruh Rusia, termasuk penthouse di Sochi di Laut Hitam yang diyakini sebagai apartemen terbesar di Rusia.

Sementara apartemen itu dijual sebentar, visualisasi 3D yang tersedia secara online menunjukkan interiornya yang mewah seperti ruang makan dengan lantai dan dinding marmer, dan pagar pegangan tangga berlapis emas di tangga di antara lantai.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)