Putin Bongkar Masalah Utama Rusia dengan Amerika Serikat

Senin, 27 Februari 2023 - 17:21 WIB
loading...
Putin Bongkar Masalah Utama Rusia dengan Amerika Serikat
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/tass
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan Moskow berusaha menciptakan dunia multipolar daripada yang berpusat di sekitar Amerika Serikat (AS).

Dalam wawancara dengan saluran TV Rossiya-1 pada Minggu (26/2/2023), dia berpendapat Washington sedang mencoba membentuk dunia secara eksklusif agar sesuai dengan agendanya sendiri.

Putin menyebut "negara satelit" Amerika juga sangat menyadari niat "egois" ini.

“Namun, untuk saat ini, mereka telah memilih untuk menutup mata terhadap hal ini karena berbagai alasan yang pertama dan terutama terkait dengan ketergantungan besar di bidang ekonomi dan pertahanan,” papar pemimpin Rusia itu, dilansir RT.



Menurut Putin, beberapa sekutu Washington juga melihat konfrontasi dengan Rusia sebagai penyebab pemersatu, menutupi perbedaan apa pun antara mereka dan AS.

Sebagai contoh, Putin mengutip upaya pemerintah AS untuk menarik bisnis Eropa ke tanah Amerika, serta kesepakatan kapal selam musim panas lalu, yang membuat Canberra tiba-tiba keluar dari kontrak dengan pabrikan Prancis demi memilih AS.

“Insiden itu memalukan bagi Paris,” ungkap Putin.

Putin menekankan, “Moskow tidak bisa dan tidak akan bersikap seperti ini.”

“Pada akhirnya, sikap seperti itu, perjuangan untuk dunia multipolar, untuk menghormati setiap orang di arena internasional, untuk mempertimbangkan kepentingan semua orang, saya tidak ragu sedikit pun, akan menang,” tegas Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)