Pesawat Mata-mata AS Terbang di Atas Selat Taiwan, Militer China 'Siaga'

Rabu, 01 Maret 2023 - 07:32 WIB
loading...
A A A
"Dengan beroperasi di Selat Taiwan sesuai dengan hukum internasional, Amerika Serikat menjunjung tinggi hak navigasi dan kebebasan semua bangsa," sambung pernyataan itu.

Ketegangan atas Selat Taiwan, jalur air seluas 110 mil yang memisahkan Taiwan dari benua Asia, sesekali bermunculan antara AS dan China selama bertahun-tahun. Beijing telah dan terus mengawasi pulau itu, yang secara teknis disebut Republik China dan yang diklaim oleh Partai Komunis China, meskipun Taiwan berfungsi sebagai negara yang merdeka dan diperintah secara demokratis.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan melaporkan 14 pesawat PLA dan tiga kapal angkatan laut di daerah sekitar pulau itu pada Selasa pagi. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa angkatan bersenjata negara itu telah memantau situasi dan mengirim pesawat, kapal angkatan laut, serta sistem rudal berbasis darat untuk menanggapi kegiatan ini.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, empat dari pesawat PLA telah melintasi garis median Selat Taiwan, yang secara historis ditandai dan digunakan untuk menandai pemisahan antara perairan RRC dan Taiwan, pada Selasa pagi.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)