Brasil Izinkan 2 Kapal Perang Iran Berlabuh, Abaikan Kemarahan AS

Selasa, 28 Februari 2023 - 12:25 WIB
loading...
A A A
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, yang biasa disebut Lula, sedang merencanakan perjalanannya ke Washington untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden dan menunda masuknya kapal Iran ke pelabuhan negaranya.

Setelah kedua pemimpin bertemu awal bulan ini dan, seperti yang dikatakan dalam pernyataan bersama mereka, “menegaskan kembali hubungan AS-Brasil yang penting dan bertahan lama,” kapal-kapal Iran sekali lagi diterima di Brasil.

Lula memiliki sejarah hubungan dekat dengan Republik Islam. Dia menyambut presiden Iran saat itu Mahmoud Ahmadinejad di Brasilia pada 2009 untuk mencoba menengahi kesepakatan nuklir antara Washington dan Teheran.

AS dan Iran memiliki permusuhan lama satu sama lain, sejak Revolusi Islam dan krisis sandera 1979-1981.

AS juga sangat menentang kemungkinan pengembangan tenaga nuklir Iran, dengan alasan mereka akan memberikan negara Timur Tengah akses ke senjata atom.

Washington juga menuduh Teheran mensponsori terorisme. Pada tahun 2019, Pentagon membunuh salah satu jenderal paling kuat Iran, Qassem Soleimani, dalam serangan udara, peristiwa yang hanya meningkatkan antagonisme timbal balik.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)