Brasil Izinkan 2 Kapal Perang Iran Berlabuh, Abaikan Kemarahan AS

Selasa, 28 Februari 2023 - 12:25 WIB
loading...
Brasil Izinkan 2 Kapal Perang Iran Berlabuh, Abaikan Kemarahan AS
Kapal militer Iran Iris Makran berlayar di pantai Rio de Janeiro saat para pengunjung pantai berjemur di bebatuan Pantai Arpoador, Brasil, 27 Februari 2023. Foto/REUTERS/Ricardo Moraes
A A A
BRASILIA - Brasil mengizinkan dua kapal perang Iran berlabuh di negara mereka. Kunjungan pada Minggu (26/2/2023) dilakukan setelah penundaan diplomatik dan terlepas dari tekanan Amerika Serikat (AS).

Kapal perang Iran IRIS Makran dan IRIS Dena telah berlabuh di Rio de Janeiro, sebagaimana dikonfirmasi oleh wakil kepala Staf Angkatan Laut Brasil, Wakil Laksamana Carlos Eduardo Horta Arentz, dalam Berita Resmi negara (Diário Oficial da União).

Kapal perang Iran akan tetap di Brasil hingga 4 Maret, saat mereka berangkat lebih jauh ke Terusan Panama yang membelah benua Amerika.

Keputusan tersebut diambil meskipun Duta Besar AS untuk Brasil Elizabeth Bagley memperingatkan Brasilia untuk tidak mengizinkan akses Angkatan Laut Iran ke pelabuhan Amerika Selatan.



Dia mengatakan pada konferensi pers awal bulan ini bahwa kapal-kapal ini “memfasilitasi perdagangan ilegal dan kegiatan teroris.”

Dia menambahkan, hingga saat ini belum ada negara lain yang menyediakan pelabuhan bagi kapal-kapal Iran tersebut.

Kapal perang Iran memulai perjalanannya pada bulan Januari, berangkat dari selatan Iran untuk mengelilingi dunia.

Awalnya, Brasil berencana menerima kapal pada Januari, tetapi ditunda untuk menenangkan AS.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)