Tepi Barat Membara, 400 Pemukim Yahudi Israel Bakar Puluhan Rumah dan Mobil Palestina

Selasa, 28 Februari 2023 - 07:41 WIB
loading...
A A A
Menurut saksi yang dikutip di media Israel, pria bersenjata Palestina itu mengenakan kemeja bertuliskan Lion's Den, kelompok militan yang berbasis di Nablus.

Saat polisi Israel melakukan perburuan terhadap penembak, pos pemeriksaan didirikan dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengerahkan bala bantuan ke Tepi Barat untuk mengantisipasi kekerasan.



Setelah penembakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir mengeluarkan pernyataan bersama yang mengatakan mereka baru saja menyetujui undang-undang yang mengesahkan hukuman mati bagi siapa pun yang dihukum karena terorisme terhadap warga Israel.

Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich, salah satu menteri sayap kanan baru yang kontroversial dalam pemerintahan Netanyahu bersama Ben-Gvir, mengatakan, "Ketenangan hanya akan tercapai setelah tentara Israel menyerang kota-kota teror tanpa ampun."

Dia menyerukan kembalinya delegasi Israel ke pertemuan puncak keamanan di kota Aqaba di Yordania dengan delegasi Palestina, Yordania, Mesir, dan Amerika untuk membicarakan situasi di Tepi Barat dan Gaza.

Bulan Serangan Mematikan

Tepi Barat, yang telah berada di bawah kendali Israel sejak 1967 tetapi sebagian besar di antaranya diklaim Otoritas Nasional Palestina pada tingkat tertentu, telah menjadi tempat meningkatnya kekerasan antara pemukim Yahudi dan warga Palestina.

Sejak akhir tahun lalu, operasi oleh IDF dan Shin Bet, badan keamanan internal Israel, di Tepi Barat hampir terjadi setiap malam.

Satu serangan di Nablus Oktober lalu melihat lebih dari 100 mobil IDF bergegas ke kota setelah matahari terbenam untuk serangan terhadap Lion's Den yang mengakibatkan lima kematian warga Palestina dan 21 orang lainnya luka-luka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)