AS Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan Rp6 Triliun ke Yaman

Selasa, 28 Februari 2023 - 05:30 WIB
loading...
AS Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan Rp6 Triliun ke Yaman
AS Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan Rp6 Triliun ke Yaman. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengumumkan lebih dari USD400 juta (Rp6 triliun) bantuan kemanusiaan ke Yaman pada Senin (27/2/2023), sehingga jumlah totalnya menjadi lebih dari USD5,4 miliar sejak perang dimulai.

Bantuan baru itu adalah janji Washington selama konferensi donor di Jenewa, di mana PBB mengatakan lebih dari USD4 miliar diperlukan untuk membantu jutaan warga Yaman di negara yang dilanda perang itu.



“Komitmen Amerika Serikat untuk meringankan penderitaan jutaan orang dari krisis kemanusiaan terburuk di dunia di Yaman tetap teguh,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Dia mengatakan, bantuan itu akan memungkinkan para mitra untuk memberikan “bantuan yang menyelamatkan jiwa bagi orang-orang Yaman yang paling rentan.”

Tapi, dia mencatat, “lebih banyak” bantuan dibutuhkan. Blinken meminta semua donor untuk melakukan bagian mereka dalam membantu mengumpulkan USD4,3 miliar yang menurut PBB diperlukan.

Dalam konferensi serupa tahun lalu, hanya tersedianya sedikit dana memaksa PBB menghentikan sebagian besar program di Yaman, termasuk bantuan pangan darurat. Namun demikian, diplomat top AS mengatakan ada "secercah harapan" karena negara itu mengalami peluang terbaik untuk perdamaian selama bertahun-tahun.



“Masyarakat internasional harus melakukan semua yang kami bisa untuk membantu – termasuk melalui dukungan kuat untuk respons kemanusiaan Yaman – untuk membangun momentum positif lebih lanjut dan memastikan orang Yaman melihat manfaat nyata yang dapat diberikan oleh perdamaian,” kata Blinken.

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan milisi Houthi telah terkunci dalam perang selama bertahun-tahun setelah kelompok yang didukung Iran menguasai ibu kota Sanaa pada tahun 2014.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan telah ada kemajuan untuk mengakhiri perang, tetapi diperlukan lebih banyak pekerjaan, termasuk mengembalikan gencatan senjata dan beralih ke gencatan senjata permanen.

Gencatan senjata yang ditengahi PBB yang dimulai pada 2 April tahun lalu berakhir pada 2 Oktober setelah Houthi menolak untuk memperpanjang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)