Iran Ancam Habisi Trump, AS: Kami Akan Respons Setiap Serangan

Minggu, 26 Februari 2023 - 19:35 WIB
loading...
Iran Ancam Habisi Trump, AS: Kami Akan Respons Setiap Serangan
IRGC ancam habisi Trump, AS kirim peringatan ke Iran. Foto/NY1
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan kepada Iran dengan mengatakan akan merespons setiap serangan yang diluncurkan oleh Teheran.

Peringatan itu dikeluarkan setelah seorang komandan tinggi Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) mengatakan bahwa Teheran berusaha untuk membunuh mantan pejabat AS, termasuk mantan Presiden Donald Trump, untuk peran mereka dalam pembunuhan komandan Iran Qassem Soleimani tahun 2020.

Jenderal Amirali Hajizadeh, yang mengepalai unit kedirgantaraan IRGC, membuat komentar di televisi pemerintah pada Jumat malam saat membahas serangan rudal Iran di pangkalan udara Ain al-Assad, yang menampung pasukan Amerika di Irak barat, lima hari setelah pembunuhan Soleimani pada 3 Januari 2020.

“Insya Allah, kami akan dapat membunuh Trump (mantan menteri luar negeri Mike) Pompeo, (mantan kepala Komando Pusat AS Jenderal Kenneth) McKenzie dan para komandan militer yang memberi perintah untuk membunuh Soleimani," katanya.



Dalam pernyataan email ke Al Arabiya, Departemen Luar Negeri memperingatkan Iran bahwa setiap upaya untuk menyakiti warga AS, termasuk mereka yang bertugas di masa lalu, akan ditanggapi dengan tanggapan yang kuat.

“Iran akan menguji tekad kami untuk melindungi warga kami dalam bahaya besar. Seperti yang secara konsisten dijelaskan oleh Administrasi, Amerika Serikat akan melindungi dan membela warganya. Ini termasuk mereka yang melayani Amerika Serikat sekarang dan mereka yang melayani di masa lalu,” kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (26/2/2023).

Juru bicara Departemen Luar Negeri itu juga menegaskan kembali komitmen AS untuk bekerja dengan sekutu dan mitranya untuk mencegah serta merespons setiap serangan yang dilakukan oleh Iran, dan untuk meminta pertanggungjawaban IRGC atas “aktivitas jahatnya.”

Soleimani, yang memimpin Pasukan Quds, cabang IRGC di luar negeri, tewas dalam serangan udara AS di Irak yang diperintahkan oleh Trump.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)