Setahun Invasi Pasukan Moskow, Ini Wilayah Ukraina yang Dikuasai Rusia

Jum'at, 24 Februari 2023 - 13:40 WIB
loading...
A A A
4. Luhansk
Pada 31 Juli 2022, pasukan Rusia mengeklaim mengendalikan wilayah Luhansk timur di Ukraina usai mengambil alih Lysychansk, kota terakhir yang dikuasai Ukraina di wilayah tersebut. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa pasukannya telah membentuk kendali penuh atas Lysychansk serta beberapa permukiman di dekatnya. Sementara, komando militer Ukraina mengatakan pasukannya telah dipaksa mundur dari kota dengan mengatakan akan ada konsekuensi fatal.



5. Mariupol
Mariupol telah direbut sepenuhnya oleh pasukan Rusia pada Mei 2022. Rombongan terakhir pasukan Ukraina yang mempertahankan pabrik baja Azovstal sudah menyerah. Fasilitas bawah tanah di pabrik baja tersebut, tempat para milisi bersembunyi, telah dikendalikan oleh angkatan bersenjata Rusia sepenuhnya.

Diketahui, selama berminggu-minggu, pabrik baja tersebut dikepung pasukan Rusia. Bahkan seluruh bantuan kemanusiaan di blokir serta lokasi itu digempur dengan serangan udara. Kompleks pabrik tersebut mempunyai jaringan terowongan yang dirancang untuk berlindung ketika perang nuklir terjadi. Sepanjang invasi Rusia, Mariupol telah mengalami beberapa pengeboman serta serangan terburuk dari Rusia.

6. Severodonetsk
Pada Juni 2022, seorang pejabat senior Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukan Rusia mengendalikan penuh kota Severodonetsk. Pendudukan Severodonetsk ini menandai kemenangan strategis penting untuk Rusia.

Diketahui, Severodonetsk ini merupakan kawasan industri. Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengumumkan pembebasan total Severodonetsk serta desa-desa terdekat. Pada 24 Juni 2022, tentara Ukraina menarik pasukannya dari kota berpenduduk sekitar 100.000 jiwa itu.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)