Jumlah Pasukan AS di Taiwan Dilaporkan Akan Meningkat 4 Kali Lipat

Jum'at, 24 Februari 2023 - 05:28 WIB
loading...
Jumlah Pasukan AS di Taiwan Dilaporkan Akan Meningkat 4 Kali Lipat
AS dilaporkan berencana untuk mengirim antara 100 dan 200 tentara ke Taiwan dalam beberapa bulan mendatang. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana untuk mengirim antara 100 dan 200 tentara ke Taiwan dalam beberapa bulan mendatang seperti dilaporkan Wall Street Journal (WSJ), mengutip pejabat anonim.

Personel tersebut akan ditugaskan untuk melatih militer Taiwan melawan apa yang digambarkan sebagai ancaman yang meningkat dari China .

Menurut WSJ, pengerahan itu lebih dari empat kali lipat kehadiran militer AS di pulau itu. Menurut Pusat Data Tenaga Kerja Pertahanan Pentagon, ada 23 tentara Amerika di Taiwan pada musim gugur 2022.

"Tentara Amerika ini telah bertindak sebagai penasihat dan pelatih untuk senjata dan peralatan AS yang dikirim ke Taipei. Pasukan baru itu juga akan melatih Taiwan dalam taktik untuk melindungi dari potensi serangan China," menurut pejabat AS yang tidak disebutkan namanya dalam laporan WSJ seperti dikutip dari RT, Jumat (24/2/2023).

Laporan WSJ menyatakan ada juga pasukan Taiwan di AS, dengan pelatihan "kontingen" bersama Garda Nasional Michigan di utara negara bagian itu.



Pelatihan yang diperluas dimaksudkan untuk menggagalkan kemungkinan invasi oleh China, dan telah direncanakan selama berbulan-bulan, jauh sebelum insiden bulan ini dengan balon mata-mata China, kata para pejabat yang berbicara kepada WSJ.

Mereka juga tidak percaya itu sama dengan "mendekati titik kritis" untuk Beijing.

“Salah satu hal yang sulit untuk ditentukan adalah apa yang benar-benar tidak disukai China,” kata seorang pejabat.

Ketika dihubungi untuk dimintai komentar, Pentagon hanya mengatakan bahwa komitmen AS terhadap Taiwan sangat kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)