China Bisa Ubah Ratusan Jet Tempur Kuno jadi Drone Bunuh Diri untuk Serang Taiwan

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:43 WIB
loading...
China Bisa Ubah Ratusan Jet Tempur Kuno jadi Drone Bunuh Diri untuk Serang Taiwan
Jet tempur F-7 China terbang di atas Laut China Selatan pada Mei 1993. Foto/Departemen Pertahanan AS/Arsip Nasional di College Park
A A A
BEIJING - China dilaporkan berencana mengubah ratusan jet tempur era Perang Dingin menjadi drone bunuh diri yang dapat digunakan untuk serangan besar-besaran di Taiwan.

Jet tempur Chengdu J-7 terakhir China mungkin meninggalkan layanan aktif tahun ini dan beberapa mungkin diubah menjadi drone, menurut media pemerintah.

“Para ahli percaya senjata itu akan relatif hemat biaya dan handal,” ungkap laporan Business Insider.

Drone akan memiliki karakteristik yang mirip dengan pesawat asli dan mengurangi jumlah korban warga China.

Daniel Rice, peneliti non-residen di Institut Mitchell, mengatakan kendaraan tempur tak berawak atau drone memungkinkan China menggunakan badan pesawat yang relatif murah, handal, dan berisiko rendah sebagai aset pertama untuk menyerang atau melunakkan sistem pertahanan udara Taiwan.



Pesawat-pesawat itu adalah salinan MiG-21 Soviet dari tahun 1960-an, yang terkadang dikenal sebagai “jet kakek”.

Meskipun versi China dari pesawat itu datang dengan beberapa cacat produksi termasuk kapasitas bahan bakar yang terbatas dan hanya punya satu senjata, mereka masih diproduksi secara massal pada tahun 1980-an dan digunakan di negara lain seperti Pakistan, Albania, Mesir, Irak dan Iran.

Surat kabar China Global Times yang disponsori negara mengatakan, “J-7 yang sudah pensiun dapat dipesan untuk pelatihan dan pengujian, atau mereka dapat dimodifikasi menjadi drone dan memainkan peran baru dalam peperangan modern.”

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)