Demonstran Inggris Mengecat Bendera Ukraina di Luar Kedubes Rusia

Jum'at, 24 Februari 2023 - 00:16 WIB
loading...
Demonstran Inggris Mengecat Bendera Ukraina di Luar Kedubes Rusia
Demonstran Inggris mengecat bendera Ukraina di luar Kedubes Rusia. Foto/ITV
A A A
LONDON - Para pengunjuk rasa mengecat jalan di luar kedubes Rusia di London, Inggris dengan warna bendera Ukraina menjelang peringatan satu tahun invasi Rusia yang jatuh pada hari Jumat (24/2/2023).

Grup kampanye 'Led By Donkeys' melapisi jalan di Kensington dengan cat kuning dan biru.

"Besok adalah peringatan pertama invasi imperialis Putin ke Ukraina, sebuah negara merdeka dan rakyat dengan setiap hak untuk menentukan nasib sendiri," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

"Keberadaan bendera Ukraina besar-besaran di luar kedutaan besarnya di London akan mengingatkannya akan hal itu," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari ITV.



Polisi mengatakan sejumlah orang ditangkap atas dugaan perusakan kriminal dan menghalangi jalan raya dan dibawa ke kantor polisi London Barat.

Angka terbaru menunjukkan pengungsi Ukraina masih tiba di Inggris setahun sejak invasi Rusia ke tanah air mereka.

Sekitar 30.000 warga Ukraina telah tiba sejak September, banyak di bawah skema Rumah untuk Ukraina yang memasangkan pengungsi dengan keluarga angkat.

Lebih dari 225 juta poundsterling atau sekitar Rp4,1 triliun juga telah disumbangkan ke penggalangan dana Ukraina di GoFundMe sejak negara itu diserbu tahun lalu, dalam salah satu "curahan kemurahan hati" terbesar yang pernah dilihat di platform tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)