AS Peringatkan Rusia: Pasal 5 NATO Komitmen Suci, Kami Bela Setiap Jengkal Wilayah!

Kamis, 23 Februari 2023 - 10:03 WIB
loading...
AS Peringatkan Rusia: Pasal 5 NATO Komitmen Suci, Kami Bela Setiap Jengkal Wilayah!
Presiden AS Joe Biden bertemu para pemimpin negara NATO Eropa Timur di tengah ketegangan dengan Rusia yang semakin memanas. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Rusia untuk tidak mengusik negara-negara NATO . Dia menegaskan bahwa Pasal 5 NATO adalah komitmen suci dan setiap jengkal wilayah aliansi akan dipertahankan.

Pernyataan Biden disampaikan pada Rabu untuk meyakinkan sekutu di sisi timur Eropa. Itu disampaikan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan penangguhan Moskow atas perjanjian pengurangan senjata nuklir yang dibuat dengan Washington—Perjanjian New START.

Biden berbicara selama pembicaraan dengan sekutu NATO Eropa timur di Ibu Kota Polandia, Warsawa, dua hari setelah kunjungan mendadak ke Kiev, menjelang peringatan pertama invasi Rusia ke Ukraina 24 Februari.

Negara-negara NATO di Eropa timur selama ini khawatir akan menjadi target invasi Putin berikutnya setelah Ukraina.



Di tengah ketegangan yang terus memanas antara Rusia dan Barat sejak Perang Dingin lebih dari tiga dekade lalu, Biden berbicara kepada ribuan orang di pusat kota Warsawa bahwa otokrat seperti Presiden Rusia Vladimir Putin harus ditentang.

Beberapa jam sebelumnya, Putin menyampaikan pidato panjang yang sarat dengan kritik terhadap kekuatan Barat, menyalahkan mereka atas perang di Ukraina.

Biden mengatakan Barat tidak pernah merencanakan untuk menyerang Rusia dan invasi Moskow ke Ukraina adalah pilihan Putin.

Terkait keputusan Putin menangguhkan Perjanjian New START, Biden memperingatkan bahwa Moskow sekarang dapat melanjutkan uji coba senjata nuklir.

"Itu adalah kesalahan besar," kata Biden tentang keputusan Putin sebelum sesinya dengan sekutu Eropa timur yang dikenal sebagai Bucharest Nine.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)