Tak Cukup Dukungan AS, Korea Selatan Beri Sinyal Ambisi Senjata Nuklir

Selasa, 21 Februari 2023 - 18:41 WIB
loading...
Tak Cukup Dukungan AS, Korea Selatan Beri Sinyal Ambisi Senjata Nuklir
Jet tempur F-22 Angkatan Udara AS ikut serta dalam latihan bersama dengan Angkatan Udara Korea Selatan di pangkalan udara Kunsan, di Gunsan, Korea Selatan, 20 Desember 2022. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Pemimpin partai konservatif People Power (Kekuatan Rakyat) Chung Jin-suk yang berkuasa di Korea Selatan (Korsel) menyarankan negara itu “mempertimbangkan dengan serius” pengembangan senjata nuklir.

Menurut dia, senjata nuklir perlu dikembangkan jika strategi yang ada untuk mengurangi ancaman Korea Utara (Korut) tetap tidak efektif.

Ketegangan di semenanjung Korea berkobar sejak Korea Utara melanjutkan uji coba rudal balistiknya untuk pertama kalinya sejak 1 Januari. Hal ini menyusul rekor jumlah peluncuran rudal pada tahun 2022.

“Kita perlu mempertimbangkan secara serius untuk mengembangkan kemampuan nuklir kita sendiri jika tanggapan seperti itu tidak mencukupi,” ujar Chung Jin-suk pada Senin (20/2/2023), menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap.



Pernyataan itu mengacu pada apa yang disebut sistem serangan pertama “Kill Chain” di Korsel.

Protokol militer Kill Chain dirancang sebagai pencegah ancaman nuklir Korea Utara, dan melibatkan serangan pendahuluan terhadap silo rudal nuklir dan kepemimpinan senior Pyongyang jika peluncuran nuklir yang akan segera terdeteksi.

Sistem ini dimulai satu dekade lalu, tetapi mendapat dorongan baru di era Presiden Yoon Suk-yeol, yang menjabat Mei lalu.

Yoon juga menyatakan negaranya dapat mencari pencegah nuklirnya sendiri. Ini pertama kali di era pasca-Perang Dingin seorang pemimpin Korea Selatan menyarankan rencana senjata nuklir semacam itu.

Dia kemudian mengklarifikasi bahwa itu bukan kebijakan aktif pemerintahannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)