Taiwan Cabut Kewajiban Mengenakan Masker di Dalam Ruangan

Selasa, 21 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
Taiwan Cabut Kewajiban Mengenakan Masker di Dalam Ruangan
Taiwan Cabut Kewajiban Mengenakan Masker di Dalam Ruangan. FOTO/Reuters
A A A
TAIPEI - Tiga tahun setelah pandemi Covid-19 , otoritas Taiwan memutuskan orang tidak lagi harus memakai masker setiap saat di dalam ruangan. Meski demikian, masih ada sejumlah pembatasan.

“Orang-orang masih diharuskan memakai masker di tempat-tempat umum, seperti rumah sakit dan institusi medis, serta di angkutan umum,” sebut pernyataan Pusat Komando Epidemi Pusat Taiwan, seperti dikutip dari AP, Senin (20/2/2023).



“Sementara di restoran dan kantor, tidak lagi membutuhkan masker,” lanjut pernyataan itu. Sementara sekolah akan melihat pelonggaran aturan penggunaan masker pada bulan Maret, karena persyaratan tersebut dilonggarkan dalam dua bagian.

Meski begitu, di jalanan Taipei, ibu kota pulau, dan di gedung perkantoran, banyak orang tetap memakai masker. Di toko kelontong, para pembeli nampak masih mengenakan penutup wajah.

Pada bulan Desember, Taiwan membatalkan mandat masker luar ruangannya, yang mengharuskan orang untuk memakai masker, bahkan saat berjalan di jalan.



Sementara itu, CECC kemarin melaporkan 15.747 kasus Covid lokal baru, 130 kasus impor, dan 68 kematian. Beban kasus lokal baru 6,8 persen lebih rendah dari pada hari Minggu minggu lalu.

“Kasus lokal baru tetap antara 10.000 dan 20.000 selama beberapa hari terakhir, dan tingkat pengurangan telah melambat, kata Philip Lo, Wakil Kepala Divisi Respons Medis CECC dan Wakil Direktur Jenderal Pusat Pengendalian Penyakit.

“Masih ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah kasus baru selama beberapa hari ke depan, termasuk kegiatan Festival Lentera baru-baru ini, sekolah memulai semester baru, pencabutan mandat masker dalam ruangan dan libur empat hari Hari Peringatan 228,” lanjut Lo.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)