Hebohnya Proyek Mukaab Mohammed bin Salman, Dianggap Tandingan Kakbah

Senin, 20 Februari 2023 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Namun, banyak muslim di media sosial menyambut berita positif dari proyek itu secara berbeda, mengingat kemiripannya dengan Kakbah.

Akademisi Dr Muhammad Al-Hachimi Al-Hamidi berkomentar di media sosial: "Apakah Mohammed bin Salman membangun Kakbah sendiri di Riyadh? Ini adalah desain yang dia pilih untuk proyek terbarunya; sebuah 'Kakbah' hiburan baru!!".

Dia juga menyebutkan narasi kenabian yang berkaitan dengan wilayah Najd dari mana "tanduk Setan" akan muncul.

Akademisi muslim lain, Asad Abu Khalil, men-tweet: "Tampaknya [putra mahkota] sedang membangun Kakbah-nya. Apakah dia akan menegakkannya sebagai kiblat baru bagi jamaah?"

Sementara wartawan Intercept, Murtaza Hussein, berpendapat: "Membangun Kakbah baru yang dikhususkan untuk kapitalisme agak terlalu sulit."

Poin yang disampaikan Hussein itu dibagikan oleh direktur pelaksana perusahaan risiko dan intelijen global; International Interest, Sami Al-Hachimi Al-Hamidi, yang dalam sebuah video mengatakan: "simbolisme sangat mencolok karena kerajaan pada dasarnya merelokasi identitasnya dari Kakbah di Makkah ke Kakbah di Riyadh, dari Kakbah Islam menjadi Kabah untuk Vision2020."

Dia juga bersugesti bahwa Pangeran MBS berdiri di atas Kakbah pada tahun 2019 sebagai indikasi dari langkah ini.

Namun, pengguna media sosial lainnya terutama dari Arab Saudi menanggapi kritik negatif tersebut.

"Mengapa muslim asing begitu mudah dimanipulasi?" tanya seorang pengguna akun Twitter @far0h8.

"Jika setiap bangunan berbentuk kubus adalah 'Kakbah baru' maka Anda akan menemukan jutaan Kabah di Riyadh karena kami memiliki banyak bangunan berbentuk kubus," lanjut dia, seperti dikutip Middle East Monitor, Senin (20/2/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)