Blinken: AS Khawatir China Bisa Beri Rusia Senjata Mematikan

Minggu, 19 Februari 2023 - 18:30 WIB
loading...
Blinken: AS Khawatir China Bisa Beri Rusia Senjata Mematikan
Blinken: AS Khawatir China Bisa Beri Rusia Senjata Mematikan. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) khawatir China diduga mempertimbangkan untuk memberikan senjata mematikan kepada Rusia . Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken kepada NBC dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada Minggu (19/2/2023).

Menurut Blinken, dalam percakapan dengan Penasihat Negara China dan Direktur Kantor Pusat Luar Negeri PKC Wang Yi, dia "memiliki kesempatan untuk berbagi keprihatinan AS yang sangat nyata tentang dukungan China untuk Rusia."



"Apa yang telah kita lihat selama beberapa tahun terakhir, tentu saja, beberapa dukungan politik dan retoris, bahkan beberapa dukungan yang tidak mematikan,” kata Blinken, seperti dikutip dari kantor berita TASS.

“Tapi, kami sangat prihatin bahwa China sedang mempertimbangkan untuk memberikan dukungan yang mematikan kepada Rusia," lanjut Menteri Luar Negeri AS itu.

Menurut Blinken, memberikan "dukungan mematikan" ke Rusia akan memiliki "konsekuensi serius (bagi Beijing) dalam hubungan (China-AS)". Blinken juga mengingatkan bahwa ini adalah sesuatu yang "Presiden [Joe] Biden bagikan dengan Presiden [Cina] Xi [Jinping] dalam beberapa kesempatan".



Pada akhir Januari, John Kirby, Koordinator Komunikasi Strategis di Dewan Keamanan Nasional AS, mengatakan, bahwa AS mendesak China untuk tidak mendukung operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

Menurutnya, Washington bermaksud menindak perusahaan-perusahaan tersebut, termasuk perusahaan China, yang melanggar rezim sanksi AS terhadap Moskow.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)