Pasukan Rusia Klaim Kemenangan di Sepanjang Garis Depan Ukraina

Selasa, 14 Februari 2023 - 02:30 WIB
loading...
Pasukan Rusia Klaim Kemenangan di Sepanjang Garis Depan Ukraina
Pasukan Rusia Klaim Kemenangan di Sepanjang Garis Depan Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Rusia mengklaim pasukannya telah bergerak maju beberapa kilometer di sepanjang garis depan di Ukraina , Senin (13/2/2023). Sementara Kiev menyatakan pasukannya telah memukul mundur serangan Rusia di beberapa daerah.

Menjelang peringatan pertama invasi Rusia, sebagian besar pertempuran terjadi di sekitar kota timur Bakhmut. Wilayah ini masih berada di tangan Ukraina, di tengah pertempuran selama berbulan-bulan.



Seperti dilaporkan Reuters, militer Ukraina pada awal pekan ini melaporkan penembakan berat oleh Rusia di sepanjang garis depan. Ukraina juga mengklaim 16 pemukiman telah dibombardir Rusia di dekat Bakhmut.

Sementara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pasukan Rusia berhasil maju 2 km ke barat dalam empat hari. Namun, tidak disebutkan bagian mana dari garis depan yang panjang, yang mencakup beberapa wilayah Ukraina di selatan dan timur, yang telah bergerak.

"Prajurit Rusia mematahkan perlawanan musuh dan maju beberapa kilometer lebih dalam ke pertahanannya," sebut pernyataan Kementerian Pertahahan Rusia.

Di sisi lain, militer Ukraina mengatakan bahwa selama beberapa hari terakhir, pasukannya telah memukul mundur sejumlah serangan di dekat Bakhmut, yang terletak di wilayah Donetsk, serta serangan di wilayah Kharkiv, Luhansk, dan Zaporizhzhia.



Yevgeny Prigozhin, pendiri Grup Wagner Rusia, mengatakan pada hari Minggu, bahwa pasukan tentara bayaran telah merebut desa Krasna Hora, di tepi utara Bakhmut. Wagner selama berbulan-bulan telah mempelopori serangan terhadap Bakhmut, menghasilkan keuntungan kecil tapi tetap.

Bakhmut adalah tujuan utama bagi Presiden Rusia Vladimir Putin dan penembakan Rusia selama berbulan-bulan telah meninggalkan sebagian besar reruntuhannya.

Wilayah Donetsk sebagian ditempati oleh Rusia dan Moskow ingin menempatinya sepenuhnya. Namun, tidak ada pihak yang membuat keuntungan yang menentukan selama berminggu-minggu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)