Sekutu Putin: Kremlin Takut pada Bos Tentara Bayaran Wagner Rusia

Senin, 13 Februari 2023 - 10:14 WIB
loading...
Sekutu Putin: Kremlin Takut pada Bos Tentara Bayaran Wagner Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) dan pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner Group Rusia Yevgeny Prigozhin (kiri). Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Seorang sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan para petinggi Kremlin takut pada pemimpin Wagner Group Yevgeny Prigozhin.

Wagner Group adalah kelompok tentara bayaran yang ikut berperang atas nama Rusia di Ukraina . Namun Kremlin menyangkal memiliki kaitan dengan kelompok tersebut.

Sergei Markov, analis politik yang juga sekutu utama Putin, mengatakan Kremlin sekarang meminta para pakar televisi pemerintah untuk tidak secara berlebihan mempromosikan Prigozhin dan Wagner Group.



Kelompok tentara bayaran itu telah mendominasi peran tempur Rusia di Ukraina timur. Barat bahkan menggambarkannya sebagai "rival utama" militer Rusia dalam berebut pengaruh.

Markov mengatakan kepada The New York Times bahwa beberapa pemimpin Kremlin takut pada Prigozhin yang "tak terduga".

"Kremlin mengirimkan arahan kepada pakar televisi negara Rusia untuk tidak secara berlebihan mempromosikan Prigozhin dan Wagner," kata Markov.

Dia tidak mengatakan secara pasti siapa yang membuat permintaan itu, hanya mengklarifikasi bahwa itu berasal dari "kepemimpinan" Rusia.

"Mereka tampaknya tidak ingin membawanya ke ranah politik karena dia sangat tidak terduga—mereka sedikit takut padanya," ujarnya, seperti dikutip dari Newsweek, Senin (13/2/2023).

Pernyataan Markov adalah indikasi terbaru meningkatnya ketegangan antara Kremlin dan Prigozhin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)