Bersitegang dengan AS, China Dilaporkan Pertimbangkan Lipatgandakan Senjata Nuklir

Minggu, 12 Februari 2023 - 10:03 WIB
loading...
Bersitegang dengan AS, China Dilaporkan Pertimbangkan Lipatgandakan Senjata Nuklir
Bersitegang dengan AS, China dilaporkan mempertimbangkan untuk melipatgandakan senjata nuklirnya. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China dilaporan tengah mempertimbangkan untuk melipatgandakan persediaan hulu ledak nuklirnya menjadi 900 pada 2035. Itu dilakukan karena ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan meningkat lebih jauh terkait Taiwan .

Demikian laporan kantor berita Kyodo News mengutip sumber-sumber yang mengetahui masalah tersebut.

"Cetak biru, yang dipetakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat, telah disetujui oleh Presiden Xi Jinping, pemimpin militer, yang sangat ingin meningkatkan pencegah Beijing terhadap Washington," kata sumber-sumber di China seperti dikutip dari Kyodo, Minggu (12/2/2023).

Dengan Partai Komunis yang berkuasa memperkuat kemampuan militer negara itu, AS tahun lalu mengatakan bahwa China akan meningkatkan persediaan hulu ledak nuklirnya menjadi 1.500 pada tahun 2035 ketika bertujuan untuk menyelesaikan modernisasi militernya.



Beberapa pakar urusan luar negeri memperingatkan bahwa jika China mencapai tujuan memodernisasi militernya, negara Asia itu dapat meninggalkan kebijakan "bukan yang pertama menggunakannya".

"Pada bulan November, badan tertinggi militer China menegaskan kembali pentingnya kemampuan mematikan, menganalisis bahwa pencegahan nuklir Rusia yang kuat telah mencegah persaingan langsung antara NATO dan Moskow meskipun agresi terhadap Ukraina," kata sumber tersebut.

"Jumlah hulu ledak nuklir yang dimiliki oleh China kemungkinan akan meningkat menjadi 550 pada tahun 2027, bertepatan dengan peringatan 100 tahun berdirinya angkatan bersenjata negara itu, dan menjadi 900 pada tahun 2035," tambah sumber tersebut.

Menurut perkiraan dari Stockholm International Peace Research Institute, di seluruh dunia, Rusia memiliki 5.977 hulu ledak nuklir, sedangkan Amerika Serikat memiliki 5.428.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)