AS Tembakkan Rudal Antarbenua setelah Pangkalan Nuklirnya Diintai Balon China

Sabtu, 11 Februari 2023 - 03:10 WIB
loading...
A A A
Kendaraan re-entry ICBM menempuh jarak sekitar 4.200 mil ke Atol Kwajalein di Kepulauan Marshall, rute yang biasa digunakan dalam peluncuran uji coba senjata semacam itu.

Kolonel Christopher Cruise, komandan Grup Uji dan Evaluasi ke-377, mengatakan: "Peluncuran ini menunjukkan redundansi dan keandalan sistem pencegahan strategis kami sambil mengirimkan pesan jaminan yang terlihat kepada sekutu."

"Tim multilateral ini mencerminkan ketepatan dan profesionalisme komando kami, dan mitra bersama kami," ujarnya.

Pangkalan rudal di dalam Komando Serangan Global Angkatan Udara memiliki anggota awak yang siaga 24 jam sehari, sepanjang tahun, mengawasi pasukan ICBM.

Pemerintah AS sebelumnya mengatakan bahwa Washington sedang mempertimbangkan untuk mengambil tindakan terhadap China atas apa yang disebutnya sebagai pelanggaran kedaulatan Amerika. Menurut Departemen Luar Negeri AS, intelijen Amerika mengungkap jaringan pengawasan luas oleh Beijing yang telah menjangkau 40 negara dan lima benua.

China protes atas tindakan militer Amerika yang menembak jatuh balon raksasa tersebut. Menurut Beijing, itu adalah perangkat pemantau cuaca sipil dan bukan perangkat spionase seperti yang dituduhkan Washington.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)