AS Tembakkan Rudal Antarbenua setelah Pangkalan Nuklirnya Diintai Balon China

Sabtu, 11 Februari 2023 - 03:10 WIB
loading...
AS Tembakkan Rudal Antarbenua setelah Pangkalan Nuklirnya Diintai Balon China
Amerika Serikat menguji tembak rudal balistik antarbenua Minuteman III yang bisa membawa hulu ledak nuklir setelah balon mata-mata China mengintai situs senjata nuklir Amerika di Montana. Foto/US Air Force
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menguji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III pada Kamis malam waktu setempat. Manuver ini kurang dari seminggu setelah balon mata-mata China ditembak jatuh usai melayang di atas situs senjata nuklir Amerika yang sensitif di Montana.

ICBM Minuteman III yang tanpa hulu ledak, dilengkapi dengan kendaraan tes re-entry, diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di Santa Barbara, California, pada Kamis pukul 23.01 malam.

Foto-foto peluncuran yang menakjubkan menunjukkan rudal itu melesat dengan terang besar melintasi langit malam.

Para pejabat militer AS mengatakan uji tembak ICBM Minuteman III ini adalah tes rutin untuk memvalidasi dan memverifikasi keefektifan, kesiapan, dan akurasi sistem senjata, tidak terkait dengan peristiwa dunia saat ini.



Kendati demikian, manuver rudal ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan AS dengan China setelah balon mata-mata Beijing ditemukan melayang di atas daratan Amerika dan memicu krisis diplomatik.

Badan-badan intelijen Amerika yakin balon itu, yang melewati pangkalan militer sensitif di Montana, kemungkinan mampu menyadap komunikasi Amerika.

"Peluncuran uji coba ini adalah bagian dari kegiatan rutin dan berkala yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa penangkal nuklir Amerika Serikat aman, terjamin, andal, dan efektif untuk mencegah ancaman abad kedua puluh satu dan meyakinkan kembali sekutu kami," kata Komando Serangan Global Angkatan Udara AS dalam sebuah pernyataan.

"Tes semacam ini telah terjadi lebih dari 300 kali sebelumnya, dan tes ini bukanlah hasil dari peristiwa dunia saat ini," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip Mail Online,Sabtu (11/2/2023)

Jenderal Thomas A. Bussiere, komandan Komando Serangan Global Angkatan Udara, mengatakan: "Uji ICBM Kamis malam menampilkan inti dari misi pencegahan kami di panggung dunia, meyakinkan negara kami dan sekutunya bahwa senjata kami mampu dan penerbang kami siap dan bersedia untuk membela perdamaian di seluruh dunia pada saat ini juga."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)