Iran Tampilkan Rudal Besar Bertuliskan 'Matilah Israel'

Kamis, 09 Februari 2023 - 14:55 WIB
loading...
A A A
Sementara senjata nuklir Iran menjadi perhatian utama Israel, Tel Aviv juga mengatakan bahwa program senjata balistik Teheran juga menimbulkan bahaya besar dan telah mendorong komunitas internasional untuk memasukkan pembatasan program tersebut dalam perjanjian nuklir di masa depan.



Selain rudal besar bertuliskan ancaman terhadap Israel, IRGC juga menampilkan beberapa drone dan hulu ledak di hadapan publik.

Aksi pamer senjata itu juga terjadi sehari setelah Iran meluncurkan apa yang dikatakannya sebagai pangkalan Angkatan Udara bawah tanah pertamanya bernama Eagle 44, dengan kepala militer Republik Islam Iran mengatakan situs itu akan menjadi salah satu yang digunakan untuk meluncurkan respons terhadap setiap potensi serangan oleh Israel atau lainnya.

“Setiap serangan terhadap Iran dari musuh kami, termasuk Israel, akan mendapat respons dari banyak pangkalan Angkatan Udara kami termasuk Eagle 44,” kata Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri kepada IRNA, yang dilansir kantor berita Reuters.

IRNA melaporkan situs Eagle 44 adalah salah satu fasilitas militer terpenting Iran dan akan menjadi rumah bagi jet tempur yang dilengkapi dengan rudal jelajah jarak jauh.

Lokasi pangkalan itu tidak diungkapkan sebagai bagian dari upaya Iran untuk menjauhkan fasilitas militer dan nuklir utama dari potensi serangan.

Israel diduga melancarkan serangkaian serangan terhadap Iran, termasuk serangan terhadap fasilitas nuklir bawah tanah Natanz yang merusak sentrifugalnya.

Tahun lalu militer Iran mengungkap rincian tentang pangkalan bawah tanah di pegunungan Zagros, di mana dikatakan ada sekitar 100 drone yang disimpan. Iran juga telah memamerkan terowongan serupa di masa lalu, yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan rudal dan drone.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)