Iran Pamer Pangkalan Udara Bawah Tanah, Jet Tempur Bisa Terbang dari Terowongan Rahasia

Selasa, 07 Februari 2023 - 20:45 WIB
loading...
Iran Pamer Pangkalan Udara Bawah Tanah, Jet Tempur Bisa Terbang dari Terowongan Rahasia
Jet tempur di pangkalan angkatan udara bawah tanah Eagle 44 di lokasi yang dirahasiakan di Iran. Foto/Iranian Army/WANA/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran pamer pangkalan bawah tanah utama untuk unjuk kemampuan militer udaranya. Langkah ini sebagai tanggapan atas latihan bersama skala besar oleh Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Televisi pemerintah pada Selasa (7/2/2023) menunjukkan cuplikan berbagai jet tempur dan drone militer di pangkalan tersebut, yang dijuluki "Eagle 44".



Lokasi pangkalan itu masih belum diketahui. Dikatakan pangkalan itu digali di pegunungan untuk melindunginya dari amunisi yang dapat dijatuhkan dari pembom strategis AS yang mampu menembus pertahanan.

Pembukaan pangkalan, yang dihadiri para pejabat tinggi militer, terjadi kurang dari dua pekan setelah AS dan Israel mengadakan latihan bersama terbesar mereka.



AS dan Israel mengerahkan ribuan tentara dan lusinan pesawat serta kapal angkatan laut dan sistem artileri dalam apa yang dilihat secara luas sebagai pesan ke Iran di tengah meningkatnya ketegangan.

Latihan bersama itu pada gilirannya dilakukan beberapa hari setelah Iran mengadakan latihan skala luas untuk menunjukkan kesiapan militernya.

“Mungkin mereka belum menerima pesan Iran (dengan latihan itu) dengan benar. Iran sekarang mengirim pesan lagi. Ini adalah suara gemuruh dari dalam pegunungan,” ujar reporter televisi Iran, saat satu jet tempur bergerak di terowongan di belakangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)