Kanada Kirim Pesawat Militer ke Haiti untuk Tumpas Geng Bersenjata

Selasa, 07 Februari 2023 - 04:30 WIB
loading...
Kanada Kirim Pesawat Militer ke Haiti untuk Tumpas Geng Bersenjata
Kanada Kirim Pesawat Militer ke Haiti untuk Tumpas Geng Bersenjata. FOTO/Reuters
A A A
TORONTO - Pemerintah Kanada mengatakan pada Minggu (5/2/2023), bahwa pihaknya mengerahkan pesawat militer di atas Haiti untuk mengatasi apa yang disebutnya "situasi keamanan yang mengerikan" dan untuk mendukung upaya mengganggu aktivitas geng-geng Haiti.

Seperti dilaporkan Reuters, Kanada dalam sebuah pernyataan mengatakan, mereka mendukung Polisi Nasional Haiti dan mengerahkan pesawat patroli jarak jauh CP-140 Aurora Royal Canadian Air Force (RCAF) sebagai tanggapan atas permintaan dukungan Haiti karena kekerasan terus meningkat di negara tersebut.



Geng Haiti telah memperluas wilayah mereka sejak pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada tahun 2021. Kekerasan yang diakibatkannya telah membuat sebagian besar negara terlarang bagi pemerintah dan menyebabkan baku tembak rutin dengan polisi.

“Pesawat patroli Kanada akan memberikan kemampuan intelijen, pengawasan, dan pengintaian untuk mendukung upaya membangun dan menjaga perdamaian dan akan tetap berada di kawasan itu "selama beberapa hari," sebut pernyataan pemerintah Kanada.

Pada bulan Oktober, PBB menyarankan "pasukan aksi cepat" dikirim ke Haiti untuk memerangi kekerasan yang meningkat dari gerombolan bersenjata yang pertempuran wilayahnya telah menyebabkan ratusan orang tewas dan ribuan orang mengungsi.



Tetapi banyak yang menyatakan skeptis, mengutip pelanggaran dari misi masa lalu dan mempertanyakan kekuatan yang mendukung pemerintahan Perdana Menteri Ariel Henry, yang tidak memiliki perwakilan yang dipilih secara demokratis sejak awal Januari.

Sebagian besar negara berhati-hati dalam mengirim pasukan, meskipun Jamaika di dekatnya mengatakan akan bersedia untuk berpartisipasi dan El Salvador telah menawarkan "bantuan teknis".

Sekitar tujuh dari 10 orang di Haiti kembali mengusulkan pembentukan pasukan internasional untuk membantu polisi nasional melawan kekerasan dari gerombolan bersenjata, menurut sebuah survei yang dilakukan pada bulan Januari.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)