Detik-detik Gedung Roboh Akibat Gempa Terekam Siaran Langsung TV, Mirip Serangan Rudal

Senin, 06 Februari 2023 - 22:01 WIB
loading...
Detik-detik Gedung Roboh Akibat Gempa Terekam Siaran Langsung TV, Mirip Serangan Rudal
Penyiar televisi secara langsung berada di dekat gedung yang tiba-tiba roboh diguncang gempa susulan di Turki. Foto/aljazeera/twitter
A A A
ANKARA - Seorang kru televisi sedang menyiarkan langsung dari Malatya ketika gempa besar kedua melanda Turki pada Senin pagi (6/2/2023).

Gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) terjadi beberapa jam setelah gempa awal berkekuatan 7,8 SR karena puluhan gempa susulan dilaporkan di seluruh wilayah.



Tampak reporter televisi sedang menyiarkan langsung proses evakuasi korban gempa, lalu terjadi guncangan besar dan gedung di dekatnya roboh.

Getaran besar saat gedung itu roboh terlihat seperti terkena serangan rudal atau bom. Asap tebal mengepul di sekeliling orang-orang yang berlari karena gedung tersebuh runtuh.



Sementara itu, kengerian diceritakan korban gempa di Suriah. Alaa Nafi di Idib menjelaskan kepada Al Jazeera situasi di barat laut kota setelah gempa besar.

“Kami mengalami sesuatu yang sangat mengerikan dan menakutkan. Bangun di tengah malam dan seluruh gedung berguncang adalah perasaan terburuk yang pernah ada,” ujar Nafi.

“Itu (gempa bumi) berlangsung beberapa menit tapi rasanya seperti berabad-abad. Melihat orang-orang dengan anak-anak di jalanan menangis dalam cuaca dingin sungguh memilukan,” papar dia.



“Kami semua berkumpul di satu area yang jauh dari semua bangunan. Saya tentu berharap tidak ada yang akan mengalami apa yang kita alami hari ini,” ujar dia.

Adapun Vatikan mengatakan Paus Fransiskus “sangat sedih” dengan gempa besar yang melanda Turki dan Suriah.

“Yang Mulia Paus Fransiskus sangat sedih mengetahui banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh gempa bumi. … Dia mengirimkan jaminan kedekatan spiritualnya kepada semua yang terkena dampak,” ungkap Kardinal Pietro Parolin, sekretaris negara Vatikan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2471 seconds (0.1#10.140)