Pentagon: Ada Balon Mata-mata China Terbang di atas Amerika Latin

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:15 WIB
loading...
Pentagon: Ada Balon Mata-mata China Terbang di atas Amerika Latin
Pentagon: Ada Balon Mata-mata China Terbang di atas Amerika Latin. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Balon mata-mata China telah membuat Amerika Serikat (AS) marah. Tak hanya di langit AS, balon mata-mata China juga dilaporkan terbang di atas Amerika Latin.

"Kami telah melihat berita tentang balon yang terbang di atas Amerika Latin. Kami menganggap ini sebagai balon pengintai China lainnya," kata juru bicara Pentagon, Pat Ryder, Jumat (3/2/2023). "Pada tahap ini, kami tidak memiliki informasi lain," lanjutnya, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



Pentagon mengumumkan sebelumnya bahwa mereka sedang melacak balon pengintai ketinggian tinggi yang diduga China di atas benua AS.

Sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri China mengatakan balon itu adalah "pesawat sipil yang digunakan untuk penelitian, terutama tujuan meteorologi". Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menunda rencana perjalanannya ke China setelah insiden itu.

Diplomat top itu dijadwalkan terbang ke Beijing untuk bertemu dengan pejabat senior China akhir pekan ini, setelah Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping menyetujui perjalanan itu selama pertemuan mereka pada November.

“Ini adalah tindakan yang tidak dapat diterima dan juga tidak bertanggung jawab. Bahkan lebih tidak bertanggung jawab datang pada malam kunjungan yang telah lama direncanakan setelah pertemuan antara kedua presiden di Bali di sela-sela G20," kata Blinken kepada wartawan selama konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin.



"Dan, dalam penilaian kami, itu menciptakan kondisi yang merusak tujuan perjalanan itu sendiri, termasuk upaya berkelanjutan, seperti yang saya katakan, untuk membangun landasan di bawah hubungan serta untuk menangani berbagai masalah yang sangat luas yang penting bagi orang Amerika ke Cina, ke seluruh dunia," tambahnya.

Pada Jumat pagi, Blinken menelepon pejabat tinggi China untuk urusan luar negeri, Wang Yi, untuk secara resmi memberi tahu Beijing tentang penundaan tersebut dan menyampaikan ketidaksenangan Washington secara langsung.

Pentagon menentukan balon itu adalah pesawat pengintai, poin yang ditegaskan kembali oleh Blinken, yang merupakan penyimpangan mencolok dari penjelasan China. Balon itu tetap berada di wilayah udara AS, tetapi pada ketinggian yang cukup tinggi sehingga tidak menjadi ancaman bagi pesawat komersial.

Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan pada hari Kamis bahwa balon itu "jelas" dimaksudkan untuk pengawasan dan memasuki wilayah udara AS beberapa hari yang lalu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)