Sirene Serangan Udara Meraung-raung di Kiev Jelang KTT UE-Ukraina

Jum'at, 03 Februari 2023 - 18:10 WIB
loading...
A A A
Ukraina ingin bergabung dengan blok beranggotakan 27 negara itu, dan secara resmi mengajukan permohonannya pada Juni lalu, meskipun itu bisa memakan waktu bertahun-tahun dan membutuhkan penerapan reformasi yang luas.

Sementara itu, von der Leyen pada Kamis kemarin mengatakan bahwa Komisi Eropa bersedia mengizinkan Kiev bergabung dengan apa yang disebutnya beberapa "program utama Eropa" yang akan membawa manfaat yang serupa dengan keanggotaan.

Program-program itu akan dibahas dalam pertemuan hari ini, yang juga akan membahas salah satu hambatan utama bagi keanggotaan Ukraina yaitu korupsi endemik.



Von der Leyen, pada kunjungan keempatnya ke Kiev sejak invasi Rusia, mengatakan bahwa dia "terhibur" oleh upaya anti-korupsi Ukraina.

Sehari sebelumnya, Zelensky membidik pejabat korup untuk kedua kalinya dalam waktu seminggu. Beberapa pejabat tinggi diberhentikan.

Zelensky terpilih pada 2019 dengan platform anti kemapanan dan anti korupsi di negara yang telah lama dicengkeram oleh korupsi.

Tuduhan korupsi terbaru muncul saat sekutu Barat menyalurkan miliaran dolar untuk membantu Kiev melawan pasukan Moskow.

Pemerintah Ukraina ingin mendapatkan lebih banyak bantuan militer Barat, selain tank yang dijanjikan minggu lalu, karena pihak yang bertikai diperkirakan akan melancarkan serangan baru setelah musim dingin berakhir. Kiev sekarang meminta jet tempur.

Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan mengumumkan bahwa pihaknya akan mengirim rudal jarak jauh ke Ukraina sebagai bagian dari paket bantuan baru senilai USD2,17 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)